Ratusan pegawai negeri sipil dari seluruh bagian Sekretariat Daerah Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, melakukan pemeriksaan gula darah usai pelaksanaan senam sehat bersama pihak PT Askes di halaman kantor bupati setempat, Jumat.



Kepala Cabang PT Askes Banjarmasin, Mangisi, di Batulicin mengatakan, senam sehat pegawai negeri sipil (PNS) bersama pihak PT Askes merupakan upaya promotif dan langkah yang preventif agar setiap PNS gemar berolahraga.

"Dan pemeriksaan gula darah merupakan langkah deteksi dini terhadap semua pegawai yang telah menjadi peserta Askes," katanya usai melaksanakan senam sehat tersebut.

Mangisi menambahkan, bagi PNS yang terdekteksi memiliki kadar gula tinggi akan diberi penanganan kesehatan lebih lanjut. Pemeriksaan gula darah para pegawai di Tanah Bumbu sudah merupakan yang kedua kali dan kesempatan berikutnya akan digabung digabung kegiatan lain pada waktu yang akan datang.

Ada empat kesempatan pemeriksaan gula daerah di kabupaten ini. Kesempatan yang ketiga dan ke empat berikutnya mungkin nanti bersamaan dengan peringatan Hari Kesehatan Nasional  pada 12 November 2011," katanya.

Pada kesempaatan itu, Bupati Tanah Bumbu, Mardani H Maming, tidak lupa mengucapkan rasa terimakasih atas kepedulian pihak PT Askes terhadap kesehatan pegawai.

Kerja sama yang baik diharapkan terus terjalin sebagai upaya turut mendukung sekaligus memaksimalkan program kerja pemerintah sehingga ke depannya tidak banyak ditemui masalah gangguan kesehatan yang dialami aparatur pemerintah. 
    Terlepas dari masalah itu, Bupati juga mengingatkan kepada seluruh satuan kerja perangkat daerah (SKPD)  agar secepatnya dapat menyiapkan laporan aset terkait program kerja yang telah dilaksanakan.

Laporan aset diharapkan tidak ada kesalahan dan sesuai kondisi dilapangan agar saat pemeriksaan petugas BPKP Kabupaten Tanah Bumbu pada 2012 mampu meraih predikat wajar tanpa pengecualian (WTP).

"Kalau kita meraih WTP itu bukan berarti atas nama pemerintah daerah saja. Tapi juga dinas-dinas yang bersangkutan. Untuk itu kita harus membuktikan bahwa daerah Tanah Bumbu juga bisa meraih prestasi seperti kabupaten lain," katanya. yanto/B

Pewarta:

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2011