Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan (Polda Kalsel) melaksanakan tes akademik dengan metode "computer assisted test" (CAT) bagi peserta seleksi penerimaan calon siswa Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana (SIPSS) 2024.

"Ada delapan orang yang mengikuti tes akademik dari berbagai latar belakang pendidikan," kata Kabid Humas Polda Kalsel Kombes Pol Adam Erwindi di Banjarmasin, Senin.

Baca juga: Polda Kalsel berupaya tingkatkan animo pendaftar Inspektur Polisi

Adam mengatakan Kepala Biro SDM Polda Kalsel Kombes Pol Muhammad Arif Sugiarto dan Direktur Intelkam Polda Kalsel Sentot Adi Darmawan memantau tes yang dilaksanakan di General Building Library Universitas Lambung Mangkurat (ULM) di Banjarmasin tersebut.

Adapun tes CAT akademik mencakup berbagai materi seperti pengetahuan umum, logika, bahasa Inggris, dan mata pelajaran lain yang relevan dengan tugas-tugas seorang inspektur polisi.

Proses seleksi ini akan melibatkan beberapa tahap termasuk wawancara dan uji fisik untuk memastikan bahwa calon siswa SIPSS memiliki kemampuan dan kualifikasi yang komprehensif.

Adam menyebut proses seleksi menjadi bagian dari upaya Polda Kalsel dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia, sehingga dapat memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat.

Baca juga: Polda Kalsel buka pendaftaran SIP Sumber Sarjana

Setelah tahap tes CAT akademik, calon siswa yang lolos akan melanjutkan ke tahap-tahap seleksi berikutnya.

Diharapkan melalui proses seleksi yang ketat  akan dihasilkan generasi inspektur polisi yang berkualitas dan siap menjalankan tugas dengan profesionalitas tinggi.

Diketahui, Polri kembali memberikan kesempatan kepada lulusan sarjana yang ingin mendaftarkan diri sebagai Perwira Polri melalui seleksi penerimaan Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana (SIPSS) Tahun 2024. 

Seleksi penerimaan SIPSS merupakan sekolah pendidikan kepolisian untuk lulusan D4, Sarjana (S1), Sarjana Profesi (S1-Profesi), S2 dan S2 Profesi.

Baca juga: Jalur SIPSS buka lowongan untuk Sarjana Kedokteran

Pewarta: Firman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024