Balangan, (Antaranews Kalsel) - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia (PUPR-RI), Dr Ir Mochamad Basoeki Hadimoeljono MSc, mengungkapkan, Bendung Pitap Kabupaten Balangan, Kalsel, siap beroperasi pada 2018.


Dikatakan Basoeki saat meninjau langsung kelanjutan pembangunan Bendung Pitap di Desa Nungka Kecamatan Awayan, Balangan, Kalsel, selasa (4/10).

Bersama Balai Besar Wilayah Sungai (BWS) Kalimantan II, Menteri PUPR-RI langsung turun kelapangan, melihat dan meninjau langsung lokasi Bendung Pitap serta pengerjaan saluran sekunder bendungan tersebut.

"Sesuai keterangan BWS Kalimantan II, bendungan ini siap beroperasi pada 2018, namun sebenarnya bukan harus 2018, jika selesai 6 kilometer misalnya, apabila bisa mengaliri persawahan warga, ya langsung dioperasikan secara bertahap, jadi tidak harus rampung keseluruhan baru beroperasi," ujarnya.

Bahkan lanjut Basoeki, kemungkinan besar pada 2017 sudah ada persawahan yang bisa dialiri secara bertahap.

"Yang jelas bendungan ini kita lanjutkan dan selesaikan pengerjaannya, sehingga bisa mengaliri persawahan warga," jelasnya.

Selain itu Baseoki yang datang sekitar pukul 17.00 wita hingga 18.30 Wita di wilayah Bendung Pitap, rela terjun ke areal berlumpur hingag menaiki kendaraan untuk meninjau saluran sekunder serta persawahan warga sekitar.

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Roly Supriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016