Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan (Polda Kalsel) meningkatkan patroli dialogis jelang pelaksanaan Pemilu 2024 dengan menugaskan setiap personel menyapa masyarakat untuk edukasi pemilu.

"Saya sudah perintahkan anggota agar terus sambangi masyarakat guna mengajak sama-sama mendukung kesuksesan pemilu yang aman dan damai," kata Kapolda Kalsel Irjen Pol. Winarto di Banjarmasin, Senin.

Baca juga: Kapolda Kalsel: Pemilu serentak bukti kematangan demokrasi di Indonesia

Menurut dia, sosialisasi dan edukasi yang masif dapat memberikan kesadaran bagi masyarakat tentang penting pemilu bagi roda pembangunan bangsa.

Namun, satu hal penting yang wajib ditekankan ke masyarakat mengenai perbedaan pilihan politik tidak menimbulkan perselisihan yang memicu pertikaian.

"Berbeda pilihan itu pasti, tapi jangan jadikan kita berkonflik," tegasnya.

Baca juga: Kapolda Kalsel pimpin deklarasi pemilu damai diikuti ribuan orang di Banjarmasin

Oleh karena itu, Kapolda Kalsel mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga situasi keamanan dan ketertiban tetap kondusif.

Dia mengingatkan tidak hanya Polri bertanggung jawab mewujudkan situasi aman, namun perlu melibatkan banyak pihak termasuk masyarakat.

Diketahui, Polda Kalsel mengerahkan dua pertiga kekuatan atau sekitar 6.177 personel bersiaga saat Pemilu 2024 guna mengamankan 3.025.220 pemilih yang masuk Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk menggunakan hak suara di 13.584 di TPS se-Kalsel tersebar pada dua kota dan 11 kabupaten, termasuk 156 kecamatan dan 2.016 kelurahan atau desa.

Baca juga: Kapolda Kalsel sampaikan pesan damai pemilu ke warga pesisir Tabunganen

Pewarta: Firman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024