Kapolda Kalimantan Selatan Irjen Pol. Winarto memastikan penyelenggaraan Haul ke-19 Syekh Muhammad Zaini Abdul Ghani atau Guru Sekumpul yang dihadiri ribuan jamaah di Kota Martapura, Kabupaten Banjar, berlangsung tanpa gangguan.

"Situasi sepanjang Minggu ini aman terkendali, tidak ada kejadian menonjol," kata dia di Martapura, Minggu.

Baca juga: Gubernur Kalsel salurkan 1,85 ton ikan untuk jamaah Haul Guru Sekumpul

Dia pun mengaku terus memantau lokasi yang menjadi tempat berkumpul jamaah, serta arus lalu lintas kendaraan di Kelurahan Sekumpul melalui kamera pemantau (CCTV).

Kapolda Kalsel bersama unsur Forkopimda termasuk Komandan Korem (Danrem) 101/Antasari Brigjen TNI Ari Aryanto dan Kabinda Kalsel Brigjen Pol.Nurullah bersiaga di Pos Pengamanan Polres Banjar perempatan depan Sekumpul.

Di pos ini, tersedia layar monitor yang tersambung ke beberapa titik kamera pemantau untuk wilayah Kabupaten Banjar.

Baca juga: Ratusan UMKM raih untung saat Haul Guru Sekumpul di Banjar

Menurut Winarto, situasi arus lalu lintas kendaraan terpantau padat merayap menuju Sekumpul dari arah Banjarbaru maupun arah Hulu Sungai.

"Saya sudah perintahkan dirlantas agar penempatan personel dioptimalkan, sehingga kemacetan parah bisa diurai dengan pengaturan anggota di lapangan," tutur Winarto.

Winarto mengungkapkan pula jumlah jamaah yang datang diperkirakan mencapai dua juta orang lebih bahkan bisa mencapai tiga juta orang berdasarkan pantauan dari situasi arus lalu lintas serta kepadatan jamaah di Kota Martapura hingga meluber ke wilayah sekitarnya.

Baca juga: Warga Tapin sediakan makan hingga bengkel gratis Haul Guru Sekumpul


Video:

Haul Guru Sekumpul tanpa gangguan

 

Pewarta: Firman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024