Pria kelahiran Medan, 1 Januari 1965 ini memulai karier di kepolisian semenjak 1988, kemudian menyelesaikan PTIK pada 1997 dan menyelesaikan program Pasca Sarjana di Universitas Gajah Mada pada 2008.

Karier mantan Kabid Humas Polda Metro Jaya itu di kepolisian kian meningkat, sehingga Rikwanto memutuskan untuk menempuh pendidikan selanjutnya dan menyelesaikan ujian Doktor Hukum di Universitas Diponegoro pada 2023.

Baca juga: "Trust Award" untuk Polda Kalsel sebagai juara nasional pelayanan publik

Saat menjabat Kapolda Kalimantan Selatan pada 2020, pria religius ini sering turun ke pelosok sehingga kerap bertemu dan bersilaturahmi dengan masyarakat "Bumi Lambung Mangkurat" yang dikenal agamis dan ramah hingga Rikwanto " jatuh hati" kepada Kalimantan Selatan.

Karena pernah bertugas di "Banua", Rikwanto yang pensiun sebagai anggota Polri pada 2023 tetap bersemangat untuk tetap melayani masyarakat di Kalsel.

Rikwanto memahami kebutuhan dan aspirasi masyarakat di Kalsel karena memiliki hubungan yang kuat, sehingga memutuskan maju sebagai calon anggota legislatif DPR RI mewakili Kalimantan Selatan. 

Purnawirawan Jenderal polisi bintang dua itu tercatat memiliki rekam jejak kepemimpinan yang kuat bagi organisasi maupun pekerjaan selama menjadi anggota Polri.

Baca juga: Irjen Rikwanto kawal Komisi III DPR susur sungai salurkan bantuan korban banjir

Rikwanto pun membuktikan diri sebagai pemimpin yang berkomitmen untuk melayani, membangun masyarakat yang lebih adil, sejahtera dan berkelanjutan.

Untuk mencapai tujuan, Rikwanto mengaku telah merancang misi penting, salah satunya meningkatkan pendidikan di wilayah Kalimantan Selatan.

Selain itu, dia juga bertekad memperjuangkan lebih banyak fasilitas pendidikan yang berkualitas dan bekerja keras untuk meningkatkan akses layanan kesehatan bagi masyarakat Kalimantan Selatan.

“Bersama kita bisa mencapai perubahan positif yang kita inginkan, Ayo Bersatu untuk masa depan yang lebih baik.” ujar Rikwanto.

Baca juga: Kapolda: Jumlah anggota Polri Kalsel saat ini belum ideal

Pewarta: Gunawan Wibisono

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024