Marabahan,  (Antaranews Kalsel)  – Sekretaris Daerah Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan H Suproyono mengatakan, impian Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemkab Barito Kuala mendapatkan hunian layak dengan harga terjangkau dalam waktu dekat bakal terwujud.


“Pemkab Batola bekerjasama dengan BTN dan pengembang perumahan akan membangun komplek perumahan yang dikhususkan bagi para abdi negara tersebut,” ujar Setdakab Batola H Supriyono, di Marabahan, Rabu (28/9).

Menurt dia, lokasi pembangunan perumahan untuk ASN tersebut  berada di dua tempat yakni,  di Kecamatan Marabahan dan  Kecamatan Alalak.

Dijelaskannya,  pengembang yang membuka lokasi perumahan di Batola hendaknya selalu memperhatikan masalah  kebersihan, keindahan, serta keamanan lingkungannya.

“Untuk para pengembang, kalau membuka perumahan tolong jangan hanya baik di awal awalnya saja, jangan sampai nanti setelah dua tahun lokasi perumahannya jadi amburadul,” ujarnya, pada Sosialisasi Penyedian Rumah PNS di Aula Mufakat, Kantor Bupati Batola.

Membangun  perumahan bagi ASN itu, terang pria yang akrab disapa Pak Pri, tidak perlu mewah, tapi setidaknya harus bisa memberikan ruang yang cukup untuk menampung satu keluarga.

“Jadi harapan saya untuk perumahan yang akan dibangun ini tidak usah mewah, tapi jangan juga sempit dan semerawut. Bangunlah rumah biar kecil, tapi bernuansa real estate,” tegasnya.

Mengingat penyediaan perumahaan sebuah kesempatan, terangnya, maka diharapkan ASN belum memiliki rumah dapat memanfaatkan kesempatan ini.

“Ini sebuah kesempatan, tapi harus mengukur kemampuan diri, jangan dipaksankan, sehingga di tengah perjalanannya dalam setiap bulan iurannya dapat terbayarkan,” harapnya.

Terpisah,  Kabid Perumahan Dinas PU Kabupaten Batola, Rahmanto mengatakan, tujuan dilaksanakan pengembangan perumahan bagi para ASN,  salah satunya adalah mendindaklanjuti surat Bapetarum Pusat, yang menginginkan para PNS bisa memiliki rumah layak huni.

“Surat dari Bapetarum itu kemudian ditindaklanjuti Pemkab Batola dengan BTN bekerjasama dengan pengembang perumahan,” demikian terangnya.

Pewarta: Arianto

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016