Tim seleksi (Timsel) menetapkan 20 besar calon anggota anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan untuk periode 2024-2029 yang dinyatakan lolos setelah menjalani tes tertulis dan tes psikologi.


"20 orang ini tersaring dari 48 orang yang mengikuti tertulis dan psikologi," kata Sekretaris Timsel Varinia Pura Damaiyanti di Banjarmasin, Senin.


Selanjutnya Timsel melaksanakan tes kesehatan dan wawancara yang dijadwalkan 3 sampai 11 Januari 2024.


Untuk tes kesehatan digelar di Rumah Sakit TPT Dr. R. Soeharsono Banjarmasin, sedangkan wawancara di Hotel Treepark Jalan Ahmad Yani Kertak Hanyar, Kabupaten Banjar.


Varinia mengungkapkan hasil tes kesehatan dan wawancara digabungkan nilainya untuk mengerucut menjadi 10 orang dengan skor tertinggi.


"Jadi 10 besar yang lolos kami serahkan ke KPU RI untuk uji kepatutan dan kelayakan," jelas akademisi Universitas Lambung Mangkurat (ULM) itu.


Diketahui pelantikan lima komisioner terpilih nantinya dilaksanakan setelah Pemilu 2024 lantaran anggota KPU Tabalong saat ini berakhir masa jabatannya Maret 2024.


Para anggota KPU Tabalong periode 2024-2029 nantinya mendapatkan tugas pertama menyiapkan penyelenggaraan Pilkada Serentak 2024.

Pewarta: Firman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024