PT Adaro Indonesia terus berkomitmen dan bertekad untuk  mewujudkan UMKM lokal di sekitar operasional perusahaan termasuk Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan yang bisa mendunia.

Bagi Direktur Operasional PT Adaro Indonesia tekad ini bukan   angan-angan semata namun melalui kolaborasi dengan pemerintah daerah menjadi kunci utama  keberhasilan pembinaan UMKM lokal mendunia dapat tercapai. 

“UMKM lokal yang mendunia menjadi  tekad yang akan kami wujudkan dan  sebagai salah satu komitmen mengejawantahkan kemandirian masyarakat sekitar operasional tambang,” ujar  Wahyu di Tabalong, Sabtu.

Salah satu bentuk komitmen ini diwujudkan dalam gelar produk UMKM bertajuk Adaro Spectapreneur 4.0 hasil kerjasama dengan mitra kerja dan pemerintah daerah pada 29 Desember 2023 hingga 3 Januari 2024.

Dengan  mengusung konsep reuni Adaro Spectapreneur keempat ini diikuti  144 UMKM gabungan  binaan  Adaro , mitra kerja dan Pemkab   Tabalong.

 Ketua Pelaksana Zulrifan Noor mengatakan  sekitar 70 persen produk UMKM Kabupaten Tabalong sudah layak ekspor  berdasarkan hasil kurasi produk yang dilakukan pada kegiatan kick off Adaro Spectapreneur 4.0 November 2023. 

Adaro Spectapreneur sangat erat hubungannya dengan perkembangan digitalisasi UMKM lokal, baik dalam hal produksi hingga penjualan produk. Sehingga, produk-produk UMKM bisa bersaing di era gempuran teknologi.

 Demi upaya menghadapi hal tersebut, Adaro juga memberi sumbangsih peralatan studio digital yang saat ini pengoperasiannya ada di Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Kabupaten Tabalong di bawah Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan.

“Kami berharap UMKM bisa terus melebarkan sayapnya, tidak hanya di Tabalong tapi juga seluruh banua, nasional, maupun internasional dan tumbuh  ekonomi kreatif,” ujar Zulrifan.

Bupati Tabalong Anang Syakhfiani berharap  pembinaan UMKM  Adaro  terus dilanjutkan, sehingga dapat melahirkan UMKM baru.

 “Saya berkeyakinan UMKM di Kabupaten Tabalong menjadi motor penggerak perekonomian di masa yang akan datang,” harapnya.

Sebelumnya pembukaan even tahunan ini pada Jumat (29/12) ditandai dengan pemukulan alat musik tradisional  Terbang  oleh Bupati Tabalong Anang Syakhfiani  bersama  Kepala Teknik Tambang Adaro, Projek Manajer Mitra Kerja, Direktur Operasional Adaro Wahyu Sulistyo,  Kepala Dinas Koperasi UMKM, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Tabalong, Sam'ani .

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023