Kapolda Kalimantan Selatan Irjen Pol. Winarto menyatakan sejauh ini kampanye pemilu berjalan kondusif dan tidak ada laporan peserta pemilu melanggar aturan atau terjadi gangguan keamanan.

"Alhamdulillah kita patut bersyukur satu bulan pertama tahapan kampanye pemilu semuanya berjalan aman dan tertib," kata dia di Banjarmasin, Jumat.

Baca juga: Kapolda Kalsel ajak peserta pemilu jaga ketertiban pada masa kampanye

Winarto mengapresiasi peserta pemilu dari pengurus partai politik, para calon legislatif hingga tim pemenangan pasangan calon presiden yang telah berkomitmen untuk menjaga situasi keamanan di Kalsel.

Komitmen itupun terlihat pada masa kampanye sekarang yang tidak menimbulkan gejolak di tengah masyarakat termasuk media sosial.

"Tim Siber kita juga melakukan patroli di dunia maya yang tidak menemukan adanya pelanggaran pidana pemilu dalam bentuk apapun," ungkapnya.

Menurut Kapolda Kalsel, sikap positif yang telah ditunjukkan peserta pemilu juga sejalan dengan semangat bersama agar pemilu kali ini berintegritas.

Baca juga: Kapolres Batola ajak parpol bahas kampanye Pemilu

Apalagi Polda Kalsel dan polres jajaran telah menginisiasi sebanyak 66 kegiatan deklarasi pemilu damai yang diikuti peserta pemilu sesuai tingkatan.

"Deklarasi pemilu damai menjadi tanggung jawab moral untuk dipegang teguh, buktikan deklarasi yang diucapkan tidak dilanggar untuk pemilu aman dan damai," tutur Winarto.

Diketahui, tahapan kampanye bagi peserta Pemilu 2024 berlangsung selama 75 hari terhitung mulai 28 November 2023-10 Februari 2024.

Kemudian memasuki masa tenang selama tiga hari menuju hari pemungutan suara 14 Februari 2024.

Baca juga: Kapolda Kalsel ajak kampanye sejuk tanpa provokasi

Pewarta: Firman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023