Wakil Ketua DPRD Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan Matnor Ali mengapresiasi program rehabilitasi rumah tidak layak huni (Rutilahu) 2023 berjalan sukses.

Menurut dia di Banjarmasin, Kamis, program Rutilahu 2023 yang dilakukan Dinas Sosial Kota Banjarmasin menyasar puluhan rumah warga tidak layak huni pada lima kecamatan.

Baca juga: Baznas Banjarmasin renovasi rumah tidak layak huni tersebar di lima kecamatan

Sebagian rumah warga yang diperbaiki dari usulan yang disampaikan DPRD kota ke pemerintah kota sesuai aspirasi masyarakat yang ditampung saat kunjungan ke lapangan.

"Seperti Komplek Wengga Mantuil, Banjarmasin Selatan, sesuai aspirasi masyarakat, kita perjuangkan, Alhamdulillah, Sudan terwujud perbaikan salah satu rumah warga di sana, kini sudah layak huni," ucapnya.

Tidak hanya di komplek tersebut, kata Matnor Ali, ada beberapa tempat lain yang sudah terwujud, seperti Gang Sepakat di wilayah Banjarmasin Barat.

Baca juga: Pemkot Banjarmasin jadwalkan renovasi 38 rumah tidak layak huni

"Demikian juga teman-teman di dewan lainnya yang memperjuangkan aspirasi masyarakat di daerah pemilihannya, Alhamdulillah juga terwujud," ujarnya.

Pada 2024, kata Matnor Ali, pihaknya pada pembahasan anggaran juga sudah menyetujui untuk peningkatan program Rutilahu ini, bahkan menaikkan anggarannya.

"Dari awalnya anggaran perbaikan itu sebesar Rp25 juta per unit rumah menjadi Rp30 juta per unit rumah pada 2024," ujarnya.

Baca juga: 310 rumah tidak layak huni di Banjarmasin dapat bantuan bedah rumah

Pewarta: Sukarli

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023