Kepala Dinas Perdagangan Hulu Sungai Selatan (Disdag HSS) Sudiono menyampaikan transaksi uang pada HSS Expo 2023 mencapai Rp1,3 miliar.

Ia mengatakan HSS Expo berlangsung tanpa kendala dengan pengunjung mencapai rata-rata ribuan orang per harinya di Lapangan Lambung Mangkurat, Alun-alun Kota Kandangan.

"Perputaran uang mencapai Rp1.3 miliar lebih, ditambah lagi nilai transaksi UMKM yang juga mencapai hampir Rp1 miliar," ujar Sudiono saat dikonfirmasi di Kandangan, Rabu.

Baca juga: Disdag ajak masyarakat kunjungi HSS Expo dengan gembira dan tertib

Sementara itu, Penjabat (Pj) Bupati HSS Hermansyah bersyukur HSS Expo 2023 berjalan sukses, namun juga memberikan manfaat signifikan bagi UMKM di Kabupaten HSS.

"Kami sangat bersyukur melihat antusiasme masyarakat yang begitu tinggi, terutama dari para pelaku UMKM yang mengalami peningkatan transaksi jual beli selama kegiatan ini berlangsung," ungkapnya.

Menurut Hermansyah, HSS Expo ini tidak hanya menjadi ajang promosi potensi daerah dan produk unggulan, tetapi juga berperan penting mendorong pemulihan ekonomi di wilayah ini.

Baca juga: Lapsus - HSS Expo 2023 promosikan potensi produk lokal

Pihaknya berharap UMKM di daerah semakin berkembang dan maju, dapat meningkatkan daya saing pendapatan dari sektor perekonomian di Kabupaten HSS.

"HSS Expo bukan sekadar kegiatan biasa, melainkan langkah nyata dalam meningkatkan derajat masyarakat HSS, dan kedepannya expo direncanakan akan kita adakan setiap tiga bulan," ujarnya.

Ditambahkan dia, nantinya expo akan mengambil konsep pasar malam (Balauran), sebagai upaya untuk meningkatkan ekonomi masyarakat dan memberikan kesempatan kepada UMKM serta stan kuliner untuk berpartisipasi.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023