Batulicin, (Antaranews Kalsel) - Korem 101/Antasari melaksanakan Tentara Menunggal Membangun Desa (TMMD) 97 bertema "Dengan Semangat Kemanunggalan Serta Kerja Sama Lintas Sektoral Dan Lintas Komponen Bangsa Kita Tingkatkan Percepatan Pembangunan di Daerah Guna Meningkatkan Kesejahteraan Rakyat" di dua wilayah yaitu Kodim 1010/Rantau dan Kodim 1022/Tanah Bumbu yang dibuka secara serentak di Batulicin, Selasa (20/9).


Untuk wilayah Kodim 1022/Tnb di buka oleh Bupati Tanah Bumbu Mardani H. Maming, yang dilaksanakan di Desa Tibarau Panjang Kecamatan Kusan Hulu Kabupaten Tanah Bumbu dihadiri Danrem 101/Antasari, Danlanal Kotabaru, Dandim 1004/Kotabaru, para FKPD dan SKPD Kabupaten Tanah Bumbu serta para tokoh masyarakat kecamatan.

Danrem 101/Antasari Kolonel Kav Yanuar Adil dalam wawancaranya menjelaskan bahwa sasaran yang akan dibangun dalam TMMD kali ini berupa pembuatan jalan sepanjang 5000 x 6 meter, pembuatan jembatan kayu 1 unit, pembuatan gorong-gorong 6 x 1 meter 6 titik, rehab musolla 1 unit dan bedahrumah 4 unit.

Selain sasaran pokok pada TMMD kali ini juga ada sasarana atau kegiatan tambahan diantaranya penyuluhan bidang pertanian, peternakan dan perikanan kelautan, penyuluhan bidang kependudukan, kamtibmas, hukum dan narkoba, bela negara, penyuluhan bidang agama, penyuluhan bidang Kesehatan, penyuluhan kebakaran hutan dan lahan.

"Untuk tenaga yang melaksanakan TMMD terdiri dari Satuan TNI, Polri, Inter Departemen serta masyarakat Tibarau Panjang dan sekitarnya," kata Danrem.

Ditambahkannya TMMD Ini sebagai wujud partisipasi TNI dan Komponen Lainnya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan menumbuhkan kebersamaan dengan masyarakat dalam gotong royong dalam mewujudkan  kemanunggalan TNI-RAKYAT. ujarnya.

Bupati dalam sambutannya menyampaikan bahwa semangat Kemanunggalan TNI serta kerja sama lintas komponen bangsa kita wujudkan percepatan desa membangun Indonesia guna meningkatkan kesejahteraan rakyat.  

Dalam acara pembukaan dilaksanakan juga penandatanganan surat pelaksanaan TMMD 97 dan penyerahan alat kerja oleh Bupati. Di akhir pembukaan TMMD dilaksanakan  beberapa penyerahan bantuan kepada masyarakat setempat dari para pengusaha yang berada di wilayah Kabupaten tanah Bumbu san silanjutkan peninjauan bakti sosial diantaranya sunatan masal dan pengobatan gratis bagi masyarakat Desa Tibarau Panjang.


Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016