Penjabat (Pj) Bupati Tanah Laut, Kalimantan Selatan H Syamsir Rahman mengatakan, varietas padi lokal Tanah Laut Siam Lani berpeluang lebih dikenal luas masyarakat di seluruh Indonesia. 

“Bahkan Pak Menteri juga pernah makan sewaktu ke Banjarmasin. Saya akan bantu bawa beras ini ke tingkat nasional,” ucap H Syamsir Rahman, saat bertemu langsung dengan penemu varietas lokal, di acara Turdes Insting, di Desa Batu Ampar, Kecamatan Batu Ampar, Jumat.

Baca juga: Kelompok Tani Desa Bilas kembangkan varietas padi Mekongga

Dia juga mengatakan, beras tersebut sangat cocok dengan masyarakat Kalimantan Selatan (Kalsel), terutama  orang Banjar. 

H Syamsir Rahman mengaku,  bangga ada orang lokal Tanah Laut  asal Kecamatan Batu Ampar bisa sampai menemukan varietas tersebut. 

“Saya bahkan baru tau kalau nama Lani pada beras ini diambil dari nama penemunya yakni Kaslani. Luar biasa, ini benar-benar membanggakan kita,” lanjut nya. 

Pertemuan perdana antara Pj Bupati Tanah Laut dengan penemu varietas padi lokal Siam Lani tersebut menjadi pelengkap acara kunjungan kegiatan Turdes Insting di desa tersebut. 

Dalam kesempatan itu, juga dilakukan beberapa penyerahan bantuan hingga peresmian lapangan voli baru yang berada, di areal Kantor Desa Batu Ampar.

Baca juga: BRIN kembangkan varietas padi tahan iklim ekstrem

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023