Penjabat (Pj) Bupati Tapin Provinsi Kalimantan Selatan Syarifuddin memastikan persediaan kebutuhan bahan pokok bagi masyarakat aman menjelang perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Syarifuddin memantau langsung stok dan harga kebutuhan pokok masyarakat di di pasar Keraton Rantau Kabupaten Tapin, Kamis.

Baca juga: Disdag klaim harga bahan pokok di Tapin stabil

"Harga pasar ada beberapa yang mengalami kenaikan dan turun seperti sayuran misalnya cabai dan tomat," ujarnya di Rantau, Kamis.

Syarifuddin mengatakan penurunan harga komoditas sayuran cukup signifikan, misalnya cabai dari Rp100 ribu per kilogram menjadi Rp50 ribu.

"Namun ada juga yang mengalami kenaikan harga, misalnya ayam potong biasanya Rp35 ribu menjadi Rp40 ribu," tutur Syarifuddin.

Disebutkan Syarifuddin, secara keseluruhan hanya harga ayam mengalami kenaikan yang cukup signifikan dibandingkan dengan komoditas lain.

"Untuk harga beras normal, tak ada kenaikan sedangkan untuk ketersediaan cukup," ucap Syarifuddin.

Baca juga: Disdag Tapin sebut harga dan ketersedian bahan pokok jelang Idul Adha aman
Seorang pedagang berfoto dengan Penjabat Bupati Tapin Syarifuddin saat memantau harga dan ketersediaan bahan pokok di Pasar Keraton, Kamis (14/12/2023). ANTARA/Muhammad Fauzi Fadilah

Berdasarkan pantauan, Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Tapin Sugian Noor mengatakan saat ini ketersediaan seluruh bahan pokok penting (Bapokting) di seluruh pasar masih cukup hingga menjelang Natal dan tahun baru.

"Untuk harga dan ketersediaan bahan pokok penting di Pasar Keraton Rantau masih sangat terkendali dan normal," kata Sugian.

Baca juga: Harga Bapokting di Tapin naik sambut Nataru

Data Pusat Informasi Harga Strategis Nasional (PIHSN) menunjukkan harga rata-rata dan perubahan untuk komoditas pokok di Kalimantan Selatan mengalami kenaikan dan penurunan yang tipis pada Kamis.

Seperti, bawang merah mencapai Rp34.500 per kg naik Rp1.150, bawang putih (Rp38.550 per kg) atau naik Rp700, beras kualitas bawah (Rp13.600 per liter) atau naik Rp100, beras kualitas medium (Rp13.750 per liter) atau naik Rp50, beras kualitas super (Rp10.000 per liter) atau naik Rp50, gula pasir tetap Rp17.850 per kg.

Sedangkan bahan pokok lain naik dan turun pada kisaran Rp300-Rp500.

Baca juga: Bawang merah di Tapin melesat naik sambut Nataru

Video:
   

Pewarta: M Fauzi Fadillah

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023