Dinas Perhubungan Kabupaten Hulu Sungai Selatan (Dishub HSS) mengklarifikasi polemik dan keluhan masyarakat terkait tarif, serta penyediaan lahan parkir kendaraan pada Expo HSS 2023.

Kepala Seksi (Kasi) Rekayasa Lalu Lintas Dishub HSS Rasyid di Kandangan, Senin, mengatakan pihaknya menyediakan empat lokasi parkir kendaraan untuk pengunjung Expo HSS 2023.

Selain itu, Dishub HSS juga melengkapi kartu pengenal bagi petugas parkir kendaraan dan karcis tarif resmi sesuai peraturan daerah (perda).

"Empat titik lokasi parkir tersebut, antara lain di Jalan Singakarsa Pandai, Jalan Pemuda, Jalan Abdul Wahab Syahrani, dan Jalan Pangeran Antasari atau depan Sekretariat Pemkab HSS," ujar Rasyid.

Baca juga: Lapsus - HSS Expo 2023 promosikan potensi produk lokal

Dijelaskan Rasyid, lokasi parkir pertama di Jalan Singakarsa Pandai untuk kendaraan roda dua dan roda empat berdasarkan kontrak kerja sama dan menggunakan karcis sesuai retribusi resmi.

Rasyid menyebutkan tarif parkir kendaraan roda dua sebesar Rp2 ribu dan roda empat senilai Rp3 ribu sesuai Perda Nomor 5 tahun 2019 dan Nomor 6 Tahun 2019.

Lokasi kedua, di Jalan Pemuda untuk kendaraan roda dua dan roda empat, kemudian Jalan Abdul Wahab Syahani bagi kendaraan roda dua,  dan Jalan P Antasari di depan Pemkab HSS diperuntukkan kendaraan roda dua.

Baca juga: Lapsus - Harjad ke-73 HSS tampilkan budaya kearifan lokal berkonsep dinamis

"Semua titik tersebut kami kerja samakan dengan juru parkir jadi ada penanggung jawab, dengan ada karcis, dan telah kita terbitkan ID card dengan warna kuning, lengkap foto dan nama petugas," ungkapnya.

Rasyid menambahkan Dishub HSS juga telah memasang pemberitahuan berisi besaran retribusi parkir sebagaimana diatur perda, sehingga memudahkan pengunjung atau pun warga yang datang ke HSS Expo mendapatkan layanan parkir yang aman dan nyaman.

Ditambahkan dia, kondisi lalu lintas selama HSS Expo berlangsung aman dan terkendali, karena Dishub HSS berkoordinasi dengan Satlantas Polres HSS untuk merekayasa lalu lintas mengamankan rangkaian HUT Kabupaten HSS tersebut, termasuk mengantisipasi di lokasi yang berpotensi rawan kemacetan lalu, seperti titik pertemuan arus.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023