Amuntai, (Antaranews.Kalsel) -Aparat pengamanan Pemilu Kepala Daerah di Kabupaten Hulu Sungai Utara Kalimantan Selatan menggelar pawai berkendaraan keliling Kota Amuntai sebagai bentuk sosialisasi kesiapan pengamanan Pilkada Bupati dan Wakil Bupati kepada masyarakat.


"Gelar pasukan dan pawai pasukan ini untuk menunjukan kepada masyarakat bahwa kita sebagai aparat siap untuk mengamankan jalannya semua tahapan Pilkada," ujar Kapolres Hulu Sungai Utara (HSU) AKBP Agus Sudaryatno di Amuntai, Selasa.

Agus mengatakan, aparat kepolisian tidak bisa bekerja sendiri untuk mengamankan pelaksanaan Pilkada, perlu dukungan semua pihak. Polres HSU dibantu aparat TNI, Satlinmas dan Satpol PP tetap membutuhkan bantuan berbagai elemen masyarakat menjaga situasi kamtibmas selama Pilkada berlangsung.

Agus mengatakan, berdasarkan kriteria yang ditetapkan Polri, pihaknya sudah mengidentifikasi daerah rawan pada pelaksanaan Pilkada 2017 di Kabupaten HSU dan melakukan antisipasi terhadap keamanan menjelang hingga berakhirnya pelaksanaan Pilkada.

"Jumlah personil kepolisian kita tempatkan berbeda jumlahnya ditiap wilayah dan TPS disesuaikan dengan tingkat kerawanan, juga dibentuk rayonisasi untuk kemudahaan koordinasi aparat dalam proses pengamanan Pilkada," terangnya.

Agus menamakan gelar kesiapan aparat pengamanan Pilkada Bupati dan Wakil Bupati HSU ini sebagai operasi mantap praja agung, melalui pelaksanaan apel kesiapan ini bisa diketahui  berbagai sarana dan prasarana pengamanan sebelum diterjunkan nanti, sehingga dapat berfungsi sesuai harapan.

Dikatakan, aparat pengamanan Pilkada, khususnya Polres HSU mewaspadai potensi kerawanan Pilkada, seperti perebutan massa oleh tim sukses masing-masing pasangan calon, isu-isu politik, distribusi logistik, penggelembungan suara hingga penolakan terhadap hasil penghitungan suara.

Kapolres berharap aparat selalu berkoordinasi sehingga terbangun sinergi dan melaksanakan tugas sesuai 'Standar Operation Prosedur' (SOP) untuk menghindari kesalahan prosedur dalam pelaksanaan tugas dan penanganan pelanggaran.

"Perlu kita tingkat keimanan dan komitmen, bersikap netral dan mengutamakan kepentingan bangsa dan daerah," tandasnya.

Apel kesiapan dan rapat koordinasi pengamanan Pilkada dihadiri Wakil Bupati Husairi Abdi, Ketua DPRD Sahrujani, Komisioner KPUD HSU Husnul Fajeri, Ketua Panwaslih HSU Syardhani, Ketua MUI, pejabat kejaksaaan, para camat dan lainnya.

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Eddy Abdillah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016