Yudistira Bayu Budjang dari Organisasi Kepemudaan (OKP) Gerakan Pemuda Al Washliyah terpilih aklamasi sebagai Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Hulu Sungai Tengah (HST), untuk periode kepengurusan 2023-2026.

Terpilihnya Yudistira di gelaran Musyawarah Daerah (Musda) XVI DPD KNPI HST tahun 2023, Sabtu (9/12) kemarin, di Gedung Murakata, Barabai, HST, dengan sebelumnya telah mengantongi mayoritas rekomendasi dukungan dari OKP dan Dewan Pengurus Kecamatan (DPK).

"Alhamdulillah, terima kasih dukungan dari kawan-kawan dari OKP dan DPK, Insya Allah dengan semangat kebersamaan kita akan bisa membesarkan KNPI di HST," kata Yudistira dalam keterangan.

Baca juga: OKP HST bersepakat dukung percepatan musyawarah daerah KNPI

Dijelaskan dia, terlaksananya musda tidak terlepas dukungan semua pihak, seperti dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HST melalui Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar), pengurus DPD KNPI Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), serta para senior di KNPI HST.

Dirinya nantinya bersama para pengurus yang akan menjalankan roda organisasi kepemudaan, akan selalu mengharapkan bimbingan dan arahan, serta saran membangun dari kalangan senior dan tokoh kepemudaan.

Ada beberapa program kerja yang ingin direalisasikan, seperti menjalin koordinasi dan kerjasama sebaik-baiknya dengan pemerintah daerah, memberdayakan sumber daya manusia kalangan muda, tidak hanya di daerah perkotaan juga menyasar ke pelosok pedesaan.

"Kami ingin di periode mendatang masing-masing kecamatan dapat memiliki desa binaan kepemudaan, menggali keragaman dan potensi pemuda, dan pembinaan kita lakukan secara berkelanjutan, baik melalui OKP maupun DPK," ujarnya.

Baca juga: Wakil Ketua DPRD tegaskan dukungan percepatan Musda KNPI HST lebih baik

Pelaksana Tugas (Plt) Kadisporapar HST M Ramadlan, mengatakan menyambut baik hasil musda KNPI, pihaknya senantiasa terbuka dan siap melakukan pembinaan bidang kepemudaan, apalagi kepengurusan KNPI di HST akan segera definitif.

Menurut Ramadlan, banyak kegiatan dan program yang bisa disinergikan, dengan catatan bahwa kepengurusan bisa aktif, kreatif dan produktif membaca peluang, karena samping potensi demografi kepemudaan di HST sangat perlu diberdayakan.

"Kita ingin pemuda HST menjadi pribadi-pribadi yang mandiri dan unggul sehingga memiliki daya saing, KNPI wadah pembinaan kepemudaan dapat mengembangkannya, seperti dalam bentuk pelatihan keterampilan dan kewirausahaan," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Majelis Pemuda Indonesia (MPI) KNPI HST Taufik Rahman, bersyukur tongkat estafet kepemimpinan di KNPI telah bergulir.

Baca juga: Tokoh senior harapkan pengurus KNPI manfaatkan Gedung Pemuda HST

Regenerasi, menurut dia harus terjaga dan berjalan dinamis, terpilihnya kepengurusan baru dengan personil yang muda-muda bisa meningkatkan kiprah kepemudaan dan ikut berpartisipasi menyukseskan pembangunan di daerah.

"Kami berpesan agar kepengurusan yang akan disusun bisa benar-benar mengakomodir aspirasi dari unsur OKP dan DPK, walaupun KNPI berasal dari warna warni OKP berbeda, akan tetapi akan menjadi satu dalam wadah KNPI," ucapnya.

Ditambahkan dia, banyak harapan yang dititipkan untuk kepengurusan akan datang, KNPI sebagai organisasi besar maka tanggung jawab yang dipikul pengurus juga besar, dan amanah dalam menjalankan roda organisasi akan membawa kebaikan bagi KNPI.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023