Bupati Banjar, Kalimantan Selatan Saidi Mansyur meminta anggota Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) membantu pemerintah mengamankan pelaksanaan pemilihan umum (Pemilu) serentak 2024.
 
"Kami minta anggota Satlinmas bersama aparat keamanan mampu menjalankan tugas mengamankan pemilu serentak 2024," ujar Bupati Saidi usai memimpin apel gelar pasukan Satlinmas di Martapura, Rabu.
 
Baca juga: Bupati minta Pemuda Pancasila sukseskan pemilu serentak 2024
 
Pada apel gelar pasukan tersebut, ratusan petugas Satlinmas yang berasal dari seluruh desa dan kelurahan di kabupaten setempat.
 
Menurut Bupati Saidi, salah satu tugas anggota Satlinmas Pemilu serentak 2024, yakni mengamankan dan menjamin kelancaran pesta demokrasi baik pemilu legislatif maupun pemilihan presiden.
 
"Tugas dan tanggung jawab yang dilakukan bersama aparat keamanan itu harus dijalankan dengan baik, mulai dari pengamanan TPS, antar jemput kota suara hingga sebelum dan sesudah pemungutan," ucapnya.
 
Ditekankan Saidi, apel gelar pasukan Satlinmas yang berada di bawah koordinasi Satuan Polisi Pamong Praja itu sebagai bentuk komitmen pemerintah menjamin keamanan pemilu serentak.

Baca juga: Bupati Banjar minta ikrar netralitas ASN dalam pemilu bukan formalitas
 
Selain itu, juga sebagai satu ajang silaturahmi bagi setiap anggota Satlinmas sehingga saling mengenal satu sama lainnya dan memudahkan komunikasi serta koordinasi apabila menghadapi permasalahan.
 
"Komunikasi dan koordinasi sangat penting dilakukan sehingga setiap permasalahan yang terjadi dapat diantisipasi dan ditangani secara cepat dan tepat agar tidak semakin membesar," ucapnya.
 
Bupati Saidi disela apel menyerahkan kaos untuk setiap anggota Satlinmas agar mudah dikenali saat mereka menjalankan tugas pengamanan pemilu 2024 sehingga bisa saling berkoordinasi jika ada masalah.
 
"Kami merencanakan tahun depan mengalokasikan anggaran untuk baju seragam termasuk atribut lengkap dari kepala hingga kaki demi keamanan saat mereka menjalankan tugasnya," kata Saidi.

Baca juga: Bupati Banjar bacakan ikrar pemilu damai

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023