Jajaran Kodim 1001/HSU-Balangan, Kalimantan Selatan, membantu pemerintah daerah setempat membersihkan saluran air dan menanam pohon guna mencegah banjir dan longsor menjelang musim hujan.

Dandim 1001/HSU-Balangan Letkol Inf Dhuwi Hendradjaja di Amuntai, Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Selasa, mengatakan salah satu langkah yang dilakukan jajaran TNI menanam pohon di tempat rawan longsor dan membersihkan saluran air.

Baca juga: Babinsa HSU rutin pantau pemberian nutrisi perangi stunting

“Kami melaksanakan penanaman pohon di tempat yang rawan terjadi longsor, juga membersihkan saluran air di wilayah perkotaan,” kata Dhuwi.

Dhuwi menuturkan operasi membersihkan saluran air yang dilakukan jajaran Kodim 1001/HSU-Balangan bertujuan untuk mengantisipasi banjir dan longsor serta menghindari penyakit menular pada musim penghujan.

Menurut Dhuwi, kegiatan tersebut dilakukan seluruh anggota TNI di seluruh Indonesia sebagai salah satu bentuk upaya preventif dan responsif menghadapi situasi perubahan iklim untuk mengantisipasi bencana seiring intensitas musim hujan yang meningkat pada periode Desember 2023-Februari 2024

Selain itu ujar Dandim, hal ini juga merupakan wujud melaksanakan perintah pimpinan untuk peduli terhadap lingkungan dan mencegah dini potensi terjadinya banjir longsor dan penyakit menular saat musim penghujan.

Baca juga: Kodim 1001/HSU-BLG kerahkan 250 personel hadapi Pemilu 2024

Dhuwi menambahkan sampah yang diangkut didominasi sampah rumah tangga dan plastik yang dibuang ke saluran parit (drainase) air oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Saat ini, Dhuwi mengungkapkan kepedulian masyarakat terhadap sampah dinilai masih minim, hal ini terbukti saat jajarannya memungut sampah palstik di saluran parit di wilayah pemukiman maupun pertokoan.

Dandim mengimbau masyarakat untuk lebih sadar membuang sampah pada tempatnya, sebab bencana banjir akan mengancam warga jika saluran parit tersumbat karena dijadikan tempat pembuangan sampah.

Baca juga: Pemkab HSU laksanakan Gernas ketahanan pangan pada HUT ke-78 TNI

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023