Dinas Perdagangan Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) Kalimantan kembali menggelar HSS Expo 2023 yang menonjolkan produk unggulan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) lokal guna memeriahkan Hari Jadi ke-73 di kawasan Lapangan Lambung Mangkurat, Alun-alun Kota Kandangan.

"HSS Expo bakal menonjolkan bazar stan produk unggulan lokal atau dari UMKM, selain itu terdapat galeri bagi OPD, BUMN, BUMD, swasta serta komunitas," kata Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kabupaten HSS Efran di Kandangan, Selasa.

Dijelaskan Efran, Expo merupakan kegiatan tahunan Pemkab HSS, yang menghadirkan jasa layanan publik, potensi dan peluang investasi, industri perdagangan, pariwisata,  gelar seni religi dan budaya daerah, ragam kuliner dan panggung hiburan.

Baca juga: Lapsus - Pj Bupati HSS berterima kasih peran alim ulama aktif dukung pembangunan di HSS

Pemkab HSS merencanakan Expo selama sepekan pada 9-16 Desember 2023 di Lapangan Lambung Mangkurat yang berbeda lokasi pada Expo 2022 di Stadion 2 Desember.

"Lokasi HSS Expo tahun ini berbeda tahun lalu, tahun ini kembali dilaksanakan di kawasan Lapangan Lambung Mangkurat Kandangan," kata Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perdagangan HSS Abdul Kodir.

HSS Expo 2023 menyediakan ratusan tenda secara gratis, 73 tenda berukuran 5x5 untuk forkopimda, OPD, kecamatan, BUMN, BUMD, dan 20 tenda berukuran 3x3 untuk perkumpulan sekolah hingga organisasi lain.

Baca juga: Lapsus - Harjad ke-73 HSS tampilkan budaya kearifan lokal berkonsep dinamis

"Dan ada 69 tenda ukuran 2x2 bagi pedagang kuliner kita, yang selama ini berjualan di Kampung Kuliner HSS selama akhir pekan," ujarnya.

Khusus tenda bagi pedagang kuliner nanti bisa saja ditambah untuk memfasilitasi pedagang lainnya, tapi dengan memperhatikan persediaan yang terbatas, serta melihat lokasi HSS Expo.

Kodir menuturkan pihaknya telah memasang tenda dan dekorasi yang ditargetkan selesai pada Kamis lusa.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023