Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanah Laut, Kalimantan Selatan  menggelar peringatan puncak Hari Jadi ke-58 Tanah Laut dengan menampilkan tarian daerah dan "Mamanda" (Drama khas Banjar) di Halaman Kantor Bupati setempat.

Pada puncak kegiatan tersebut turut hadir Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor didampingi Penjabat (Pj) Bupati Tanah Laut Syamsir Rahman.

”Kehadiran Pak Gubernur Kalsel menambah energi bagi kami dalam bergotong royong, bersimbiosis mutualisme dan berinovasi untuk membangun Tanah Laut lebih maju, lebih sejahtera, dan lebih cepat melesat menyongsong masa depan,” kata Syamsir Rahman di Pelaihari, Selasa.

Baca juga: Pj Bupati: Tala miliki banyak kekayaan alam untuk kesejahteraan masyarakat

Dia mengungkapkan Hari Jadi ke-58 Kabupaten Tanah Laut mengangkat tema "Bergerak Bahimat Tanah Laut Tangguh".

"Tema tersebut mengandung ajakan dan tekad untuk dapat bertindak dan beraksi nyata," tutur Syamsir.

Menurut dia, tema peringatan Hari Jadi ke-58 Tahun 2023 agar semua tanggap pada tantangan dan perkembangan zaman.

Selain itu, sambung dia, menjadi motivasi dalam melaksanakan pembangunan berkeadilan untuk mewujudkan kehidupan masyarakat adil, maju dan sejahtera lahir dan batin.

"Bagi jajaran birokrasi Pemerintah Kabupaten Tanah Laut  tema ini menjadi pendorong dalam mewujudkan Tanah Laut  menjadi semakin tangguh,” lanjutnya.

Baca juga: Pemkab Tanah Laut catat raihan UHC lewati batas syarat Kemenkes

Dia berharap semangat kegotongroyongan dan kebersamaan akan terus terjaga dalam melangkah untuk masa depan menuju harapan yang dicita-citakan bersama.

"Berdaulat di bidang politik, berdikari di bidang ekonomi dan berkepribadian di bidang kebudayaan, dan bersatu dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)," tegasnya.

Pada kesempatan itu,  Syamsir menandatangani beberapa prasasti, di antaranya pembangunan Booster Tabanio Kecamatan Takisung, Jembatan Sungai Karang Paci Pemalongan Kecamatan Bajuin dan Jembatan Sungai Buluh Desa Tebing Siring Kecamatan Bajuin.

Perayaan juga diwarnai dengan puluhan penghargaan diserahkan langsung Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) H Sahbirin Noor kepada para penerima. 

Perayaan hari jadi kali ini juga diwarnai dengan pelepasan beberapa Burung Dara dan pengambilan Nasi Astakona oleh H Sahbirin Noor.

Baca juga: Syukuri usia ke-58, Pemkab Tanah Laut gelar Shalat Hajat berjamaah
 
Penjabat Bupati Tanah Laut  H Syamsir Rahman menandatangani beberapa prasasti, diantaranya pembangunan Booster Tabanio Kecamatan Takisung, Jembatan Sungai Karang Paci Pemalongan Kecamatan Bajuin dan Jembatan Sungai Buluh Desa Tebing Siring Kecamatan Bajuin, Selasa (5/12/2023).(ANTARA/HO-Diskominfo Tanah Laut).

Pewarta: Arianto

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023