Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) Sahbirin Noor atau Paman Birin menyebutkan Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) banyak meraih prestasi hingga tingkat nasional.

"Raihan prestasi ini merupakan hasil sinergi kolaborasi yang terjalin luar biasa terutama antara pemerintah, DPRD dan masyarakat," ujar Sahbirin di Kandangan, Sabtu.

Dijelaskan Paman Birin, Kabupaten berjuluk "Bumi Rakat Mufakat" tersebut telah memasuki usia ke-73 tahun, sehingga sudah tidak muda.

Sahbirin menyebutkan HSS memiliki sejarah perjalanan panjang kepahlawanan karena berjuang melawan penjajah dan Kota Kandangan sebagai Ibu Kota Kabupaten HSS merupakan daerah berjuluk "Kota Pejuang", sehingga Indonesia bisa merdeka karena kolaborasi seluruh anak bangsa termasuk perjuangan di HSS.

Baca juga: Lapsus - Ketua DPRD bersyukur sinergitas terjalin sejahterakan masyarakat

"Pemerintah daerah, DPRD, dan masyarakat kita harus mewarisi semangat perjuangan para pahlawan dalam memajukan Kabupaten HSS," ujar Sahbirin.

Penjabat Bupati HSS Hermansyah mengharapkan Kabupaten HSS semakin semakin maju pada segala bidang kehidupan masyarakat.

Tak lupa, Hermansyah juga mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Kalsel karena dukungan Pemerintah Provinsi Kalsel, sehingga HSS mencapai berbagai prestasi dan pembangunan bagi masyarakat.

Selain itu, ia juga mengapresiasi dedikasi, serta pengabdian bupati dan wakil bupati sebelumnya yang membangun HSS termasuk para ulama, tokoh masyarakat, pimpinan DPRD, dan forkopimda.

Baca juga: Lapsus - Lonjakan ekonomi dan pendapatan, HSS tertata rapi dari kota hingga desa

"Prestasi dan hasil pembangunan yang telah kita capai merupakan buah dari kerjasama, sinergi, dan kolaborasi, dengan semoga dapat dipertahankan dan ditingkatkan lagi di masa yang akan datang," ungkapnya.

Pada puncak Hari Jadi ke-73 HSS, Sahbirin dan Ketua DPRD Provinsi Kalsel menyerahkan penghargaan tingkat nasional kepada Pemkab HSS, antara lain Adipura Kategori Kota Kecil Tahun 2023 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Kabupaten Layak Anak Tahun 2023 Kategori Nindya dari Kementerian PPPA RI.

Prestasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah dengan Skor 3.56 dan Status Kinerja Tinggi dari Kemendagri RI, Bhumandala Inovasi Pemanfaatan Informasi Geospasial Tahun 2023 kategori kabupaten Bhumandala Rajata Badan Informasi Geospasial.

Baca juga: Lapsus - 25.000 porsi Ketupat Kandangan meriahkan Hari Jadi ke-73 HSS

HSS meraih peringkat 12 besar kategori perencanaan dan pencapaian daerah tingkat kabupaten Penghargaan Pembangunan Daerah 2023 dari Menteri PPN/ Kepala Badan PPN, Penyelenggara MPP Kategori Prima Tahun 2023 Kementerian PAN RB.

Penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra 2022 Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Ruang Terbuka Hijau Taman Palidangan Sehati nilai tertinggi nasional.

Peringkat Ruang Bermain Ramah Anak dari Kementerian PPPA RI, RSUD Brigjend H. Hasan Basry sebagai Unit Penyelenggara Pelayanan Publik Kategori Pelayanan Prima Tahun 2023 dari Menteri PANRB.

Maturasi Pelayanan Perkotaan M1 Smart City (Kota Cerdas) Pratama/ Perunggu dari Kemendagri RI, Sertifikat Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dab Teknologi RI Penetapan Katupat Kandangan sebagai Warisan Budaya Tak Benda Indonesia.

Baca juga: Lapsus: Paman Birin apresiasi tradisi makan gratis bersama

Unit Penanganan Kasus SMPN 1 Kandangan Memenuhi Standar Ramah Anak di Satuan Pendidikan dari Kementerian PPPA RI, Sekolah Adiwiyata Nasional Tahun 2023 untuk SDIT Qurrata'Ayun Kandangan dari Kemen LHK RI.

Pemenang Lomba Logo dan Tagline Hari Jadi ke-73 Kab. HSS Tahun 2023, pemenang Lomba Kompetensi Siswa SMK Tingkat Nasional.

Penghargaan dari Direktur Jenderal PAUD, Dikdas dan Dikmen kepada TK Negeri Pembina Daha Selatan sebagai Terpilih 9 Kategori PAUD pada Lomba Gala Kreasi Video Kampanye Sekolah Sehat Tahun 2023.

Terakhir, apresiasi bagi kepala sekolah, pengawas sekolah, dan tenaga kependidikan kategori Dedikatif Tahun 2023 dari Kemendikbud Ristek RI sebagai Peserta Lima Terbaik.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023