Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) menyajikan 25.000 porsi Ketupat Kandangan gratis bagi masyarakat dalam rangka memeriahkan  Hari Jadi ke-73 kabupaten setempat.

"Ketupat Kandangan, kita sajikan di setiap stan yang telah disediakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS, BUMN, BMUD, instansi vertikal dan stakeholder terkait," kata Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kabupaten HSS Efran di Kandangan, Sabtu.

Dijelaskan dia, lebih dari 61 stan memenuhi Festival Kuliner Hari Jadi HSS di sepanjang Jalan A Yani km 0 Kandangan atau tepatnya di sekitaran kawasan Pendopo Kabupaten HSS.

Baca juga: Lapsus - Pemkab HSS maknai Hari Jadi ke-73 lewat Shalat Hajat

Setiap stan menyediakan 250 porsi ketupat yang dilengkapi dengan 41 jenis kue khas dari Kabupaten HSS dan Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

"Setiap stan Ketupat Kandangan menggandeng UMKM dan pedagang lokal sebagai penyedia jadi menambah pendapatan dan perputaran ekonomi masyarakat," ujar Efran.

Sementara itu, ribuan warga antusias berbaur dan memadati lokasi puncak peringatan Hari Jadi Kabupaten HSS di kawasan Lambung Mangkurat Kandangan, termasuk sejumlah stan yang menyediakan Ketupat Kandangan secara gratis bagi pengujung.

Panitia juga menyediakan stan "booth" foto dan video "instagramable" bagi masyarakat yang ingin mengabadikan momen Harjad ke-73 Kabupaten HSS di lokasi perayaan.

Baca juga: Pejabat HSS ziarah ke makam bupati terdahulu jelang Hari Jadi HSS

Adapun Hari Jadi ke-73 Kabupaten HSS mengusung tema "Bagawi Candatan, Pakulih Kalihatan, Banua Baparawitan".

Tema tersebut bermakna Kabupaten HSS semakin maju pada segala bidang didukung kinerja masyarakat dan pemerintah yang terampil, cerdas, dan mandiri.

Terbukti dari karya nyata dan inovasi daerah mampu meningkatkan ekonomi masyarakat dan pendapatan daerah, serta pemerataan pembangunan dari perkotaan hingga pedesaan di HSS.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023