Perusahaan Umum Daerah Pengolahan Air Limbah (Perumda PAL) Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, melaksanakan aksi lingkungan untuk menyelamatkan air di Banjarmasin, Sabtu.

Kegiatan yang berlangsung di se putaran Sungai Andai, Kecamatan Banjarmasin Utara,tersebut selain karyawan Perumda PAL juga melibatkan anggota Perkumpulan Hijau Daun (PHD) dan Forum Komunitas Hijau.

Baca juga: Pemkot Banjarmasin beri penghargaan bagi pahlawan lingkungan

Direktur Perumda PAL Endang mengaku kegiatan aksi lingkungan terutama menanam pohon untuk penghijauan sudah beberapa kali dilakukan berkolaborasi dengan kalangan pecinta lingkungan setempat.

Maksud aksi menanam pohon tersebut, menurut Endang, maka Banjarmasin akan menjadi rindang, indah,dan sejuk, tetapi yang terpenting dengan banyak pohon maka akan menjadi penyimpan air, karena pohon menyerap air.
 
Pegawai Perumda PAL menanam pohon di Banjarmasin, Sabtu (2/12/2023). (ANTARA/Hasan Z)

"Dengan banyak pohon maka sungai akan menjadi bersih, persediaan air sungai menjadi cukup, dan sanitasi pun akan baik pula,"katanya.

Sanitasi di Kota Banjarmasin yang bagus bukan saja menciptakan sungai menjadi indah tetapi lingkungan pun menjadi  sehat, mengurangi tingkat stunting, menghilangkan penyakit gatal gatal, serta menjadi persediaan air seluruh makhluk hidup.

Baca juga: Pemkab HSS mulai susun Kajian Lingkungan Hidup Strategis

Selain itu sanitasi yang baik bisa mengundang investasi yang bisa menjadikan kota ini sebagai kota metropolitan, tambahnya.

Aksi menanam tersebut untuk beragam jenis pohon, antara lain pohon trambesi, pohon angsana, tabubuya, dan pohon pelindung lainnya.

Pohon tersebut merupakan sumbangan dari Ketua Perkumpulan Hijau Daun (PHD) Anas Montela ke pada pimpinan Perumda PAL.

Perumda PAL juga menyerahkan bantuan pakaian kegiatan yang terima pengurus komunitas lingkungan PHD.

Pewarta: Hasan Zainuddin

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023