Perusahaan tambang batu bara PT  Binuang Mitra Bersama (BMB) blok II memberikan beasiswa kepada ribuan pelajar saat perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-58 Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan, Kamis.

General Manager PT BMB Blok II Kukuh Wibowo mengatakan pemberian bantuan beasiswa ini merupakan agenda rutin tahunan perusahaan untuk memajukan pendidikan di Kabupaten Tapin.

"Ada 1.345 siswa yang kita berikan bantuan dari jenjang Paud hingga SMP sederajat," ujarnya di Rantau saat perayaan Hari Jadi Kabupaten Tapin ke 58 tahun di Rantau, Kamis.

Kukuh mengatakan penyerahan bantuan tersebut dibagi menjadi dua kategori, yakni penyaluran untuk siswa kurang mampu dan siswa berprestasi di setiap sekolah di Kabupaten Tapin.

"Untuk siswa kurang mampu sebanyak 1.242  siswa, sedangkan siswa berprestasi sebanyak 103 siswa," ujarnya.

Ia mengatakan total bantuan ini sebesar Rp750 juta, sedangkan program tahunan tersebut sudah dilakoni perusahaan sejak tahun 2017 dengan aksi yang serupa.

Mewakili perusahaan, Kukuh berharap agar para penerima dapat memanfaatkan bantuan dengan bijaksana yakni hanya untuk keperluan sekolah.

"Manfaatkan bantuan yang diberikan untuk keperluan sekolah khususnya menjelang semester baru ini," ujarnya.

Penjabat Bupati Tapin Syarifuddin mengungkapkan rasa terimakasih kepada pihak perusahaan yang memberikan perhatian terhadap pembangunan manusia melalui pendidikan.

"Mewakili pemerintah daerah, saya sangat berterima kasih. Semoga perusahaan yang membantu beasiswa terus maju dan berkembang," tuturnya.

Syarifuddin mengungkapkan tindakan perusahaan ini selaras dengan pergerakan Kabupaten Tapin yakni meningkatkan rata-rata lama sekolah dan harapan sekolah sehingga mencetak generasi terpelajar di masa yang akan datang.

Baca juga: Tapin rancang program satu desa satu sarjana untuk cetak generasi emas
Baca juga: Sekda Tapin rancang program sarjana desa hingga pusat pendidikan
 

Pewarta: M Fauzi Fadillah

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023