Penjabat Bupati Tapin Provinsi Kalimantan Selatan Syarifuddin mengatakan dalam kurun satu tahun terakhir angka stunting turun secara drastis, prestasi atas kerja keras semua pihak ini merupakan kado yang berharga saat perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 58 Kabupaten Tapin.

"Alhamdulillah telah terjadi peningkatan beberapa  aspek ke arah yang lebih baik. Hasil Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) pada 2022 yang diumumkan pada Januari 2023 menunjukkan adanya angka penurunan stunting," ujar Syarifuddin saat pidato di hadapan masyarakat Tapin di Rantau, Kamis.

Baca juga: Harga Cabai Hiyung meroket, Petani di Tapin raup untung

Syarifuddin mengungkapkan hasil SSGI ini menunjukkan penurunan stunting sebesar 19 persen (2023) dari angka 33,5 persen (2022).

"Ini berarti angka stunting di Tapin tinggal 14,5 persen," ungkapnya.

Ia mengatakan prestasi penurunan stunting ini juga telah diganjar penghargaan oleh pemerintah pusat dan diserahkan langsung oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin pada Oktober lalu.

"Tentunya ini adalah hasil kerjasama seluruh pihak," ujarnya.

Selain itu, kata Syarifuddin, prestasi lain yang diraih Tapin yaitu universal health coverage (UHC) yang merupakan sistem penjaminan kesehatan yang memastikan setiap warga dalam populasi memiliki akses yang adil terhadap pelayanan kesehatan promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif, bermutu dengan biaya terjangkau.

Baca juga: Disdag inginkan Tapin Expo jadi jembatan produk lokal go global

"Alhamdulillah Kabupaten Tapin tahun ini juga telah menjadi kabupaten UHC, dengan capaian 96,16 persen, mudah-mudahan akan tercapai target 98 persen di tahun depan," ujarnya.

Pada momentum bersejarah itu, Syarifuddin mengungkapkan rasa terimakasih kepada seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Tapin yang terus memberikan dukungan terhadap program daerah sehingga bisa mencapai prestasi seperti sekarang ini.

"Insya Allah dengan barakat mufakat dan saling bahu membahu kita bisa menjadikan Kabupaten Tapin lebih maju, mandiri, sejahtera dan agamis," ungkapnya.

Baca juga: Gubernur Kalsel ingin Tapin jadi percontohan penyangga IKN Nusantara
Baca juga: Gubernur Kalsel sampaikan amanat Jokowi tentang kolaborasi pembangunan
Baca juga: Tapin Expo targetkan transaksi Rp3 miliar
 

Pewarta: M Fauzi Fadillah

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023