Kandangan, (Antaranews Kalsel) -  Bupati Hulu Sungai Selatan H Achmad Fikry menerima  dua petugas medis Dokter Kontrak Daerah (DKD) yang akan mengabdi untuk masyarakat terutama di daerah terpencil. 

Kepala Dinas Kesehatan Hj Siti Jainab, mengatakan, kedua tinaga medis adalah tenaga dokter kontrak daerah lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sumatera Utara (Sumut) yang akan ditempatkan di Puskesmas Bayanan (Daha Selatan) dan Puskesmas Loksado.

"Dr Monika Astria Hutagalung ditugaskan di Puskesmas Loksado, sedangkan dr Thia Sarella Surbakti ditempatkan Puskesmas Bayanan," ujarnya.

Kedua dokter tersebut,  akan membantu memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat desa terhitung sejak 1 September hingga 31 Desember 2016.

Kontrak mereka bisa diperpanjang jika masih diperlukan dan disetujui oleh Kepala Daerah kabupaten setempat.
Penempatan dua tenaga medis ini dimaksudkan untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat Desa terutama, daerah yang aksesnya jauh dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD).

Selain itu, juga  untuk memaksimalkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat desa, Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan telah membangun puskesmas di masing masing kecamatan, termasuk tim medis dalam memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat desa.

Bupati berpesan supaya petugas media yang baru bisa mendorong  kualitas Posyandu dan mengajak masyarakat dalam kehidupannya perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

 "Segera untuk beradaptasi dengan petugas dan masyarakat sehingga memberikan pelayanan prima kesehatan kepada masyarakat sekitarnya," ujarnya.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016