Kontingen Kalimantan Selatan (Kalsel) berhasil mencetak sejarah menduduki peringkat terbaik selama gelaran Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) yang tahun ini berada di posisi enam besar dari 34 provinsi di POMNAS XVIII tahun 2023 dengan mengumpulkan delapan medali emas, tujuh perak dan 27 perunggu.

"Ini prestasi luar biasa dan sangat membanggakan karena menjadi kejutan besar selama gelaran POMNAS," kata Rektor Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Prof Ahmad Alim Bachri di Banjarbaru, Kamis.

Baca juga: DKI Jakarta juara umum POMNAS XVIII 2023 Kalimantan Selatan

Dia pun mengucapkan terima kasih dan apresiasi tinggi atas kerja keras atlet dalam bertanding sehingga bisa meraih hasil maksimal.

"Sebagai atlet tuan rumah, atlet Kalsel sudah menunjukkan kualitasnya sehingga bisa bersaing di papan atas klasemen perolehan medali," ucapnya.

Alim juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh kontingen dan pihak yang telah membantu suksesnya gelaran POMNAS kali ini yang berlangsung sejak tanggal 12 hingga 22 November 2023.

Baca juga: Minister Dito, Governor shoot arrows to open 18th POMNAS in South Kalimantan
 
Rektor Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Prof Ahmad Alim Bachri menerima penghargaan dari Kapusdiklat Pegawai Kemendikbudristek RI Mustangimah. (ANTARA/Firman)


"Penghargaan tinggi tentunya untuk Gubernur Kalimantan Selatan Paman Birin karena berkat kesediaan dan dukungan penuh beliau daerah ini bisa menjadi tuan rumah POMNAS," ucapnya.

Sementara Ketua Badan Pembina Olahraga Mahasiswa Indonesia (BAPOMI) Kalsel Muhammad Rusmin Nuryadin mengatakan prestasi kontingen tuan rumah tidak terlepas dari gemilangnya para atlet menunjukkan kemampuan terbaiknya.

Baca juga: Raih tujuh emas, Kalsel sementara tembus enam besar POMNAS

Seperti di cabang olahraga gulat, Kalsel bisa menyabet lima medali emas, karate dua emas dan panjat tebing satu emas.

Kemudian kempo tiga perak dan sejumlah cabang olahraga lainnya yang berhasil meraih medali perunggu.

Diketahui, POMNAS XVIII Tahun 2023 yang diikuti 2.701 atlet dari 16 cabang olahraga menobatkan DKI Jakarta sebagai juara umum dengan memperoleh 68 medali emas, 34 perak dan 38 perunggu.

Baca juga: Gulat sumbang dua emas, Kalsel duduki peringkat 12 POMNAS

Pewarta: Firman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023