Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan membangun akses jalan Desa Saradang menuju Desa Nawin Kecamatan Haruai sepanjang 2,5 kilometer.

Kepala DPMD Kabupaten Tabalong Erwan Mardani mengatakan pembangunan jalan desa ini menelan dana sekitar Rp2,8 miliar dari APBD Perubahan Tabalong  2023.

Baca juga: Inviting PAUD teachers to approach children with CUP formula

"Pembangunan jalan melalui kegiatan karya Bhakti TNI oleh Kodim 1008/Tabalong menggunakan dana APBD Perubahan 2023," jelas Erwan di Tabalong, Kamis 

Jalan baru ini memberi kemudahan bagi warga Desa Saradang dan sekitarnya menuju Desa Nawin serta menunjang kegiatan perekonomian lokal yang mayoritas sebagai petani karet.

Bupati Tabalong Anang Syakhfiani menyampaikan apresiasi atas kerja keras jajaran Kodim 1008/Tabalong yang membangun jalan baru ini sejak Agustus 2023.

"Jalan baru ini berdampak dengan makin tingginya harga jual tanah atau kebun. Namun saya minta manfaatkan kebun karet tua untuk pengembangan tanaman hortikultura atau buah-buahan, jangan dijual," jelas Anang.

Menurut Anang rencana pembangunan IKN di Provinsi Kalimantan Timur dapat berdampak luas dengan makin mahalnya harga lahan/kebun di sekitarnya termasuk di Desa Saradang Kecamatan Haruai.

Karena itu manfaatkan lahan yang ada untuk mendukung Kabupaten Tabalong sebagai kawasan penyangga dan penyuplai bahan pangan maupun hortikultura ke kawasan IKN dengan menanam aneka sayur dan buah.

Baca juga: IGSBB Tabalong ajak guru PAUD bangun komunikasi untuk perubahan perilaku anak

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023