Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Bank Kalsel menjadi salah satu bank yang dipercaya Kementrian Koperasi RI menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) di sektor Pertanian dan Perikanan.

"Dengan KUR ini, kami berharap bisa lebih meningkatkan taraf hidup masyarakat Kalsel di sektor pertanian dan perikanan," kata Direktur Utama Bank Kalsel H Irfan.

Penandatangan kerjasama dilakukan Direktur Utama Bank Kalsel H Irfan didampingi Direktur Bisnis h Supian Noor dengan Deputi bidang Pembiayaan UKM Kementrian Koperasi Brahmana Setyo di Jakarta, Senin (5/9) lalu.

Bank Kalsel dinilai memenuhi persyaratan penyaluran KUR yaitu SIKP (Sistem Informasi Kredit Program Kementrian Keuangan, rekomendasi OJK setempat dan kerjasama dengan lembaga penjamin.

Sehingga Bank Kalsel dipercaya menyalurkan KUR senilai Rp50 miliar di sektor pertanian yang meliputi perkebunan dan peternakan serta perikanan yang meliputi kelautan.

Selain penilaian tersebut diatas, sebelumnya Bank Kalsel juga telah berhasil menyalurkan KKEP (Kredit Ketahanan Pangan dan Energi) hingga periode 2015 senilai Rp8 miliar.

"Setelah penandatanganan, kami akan melakukan sosialisasi ke seluruh jaringan kantor Bank Kalsel untuk mekanisme penyalurannya," kata Pemimpin Kelompok Bisnis Mikro Rudy Kosasih.

KUR yang akan disalurkan sendiri akan sangat menguntungkan bagi masyarakat di kedua sektor tersebut yaitu dengan bunga hanya 9 persen pertahun. Melalui KUR Mikro sebesar maksimal Rp.25 juta atau KUR Retail Rp.25 juta s/d Rp.500 juta.

Pewarta: Herry Murdy Hermawan

Editor : Herry Murdy Hernawam


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016