Kementerian Perdagangan (Kemendag) memberikan penghargaan kategori Daerah Peduli Perlindungan Konsumen (DPPK) untuk Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) periode 2023.

“Pemerintah berkomitmen mewujudkan konsumen yang berdaya dan pelaku usaha yang bertanggung jawab,” kata Mendag Zulkifli Hasan dalam keterangan tertulis di Banjarmasin, Jumat.

Baca juga: Menteri LHK beri penghargaan Proklim bagi 62 desa di Kalsel

Penghargaan diserahkan secara langsung oleh Mendag Zulkifli di Hotel Pullman Bandung pada beberapa waktu lalu.

“Konsumen berdaya secara tidak langsung dapat meningkatkan kesejahteraan dan pertumbuhan ekonomi,” ujarnya.

Mendag Zulkifli memberikan apresiasi tinggi kepada pemerintah daerah yang terus mendukung kegiatan perlindungan konsumen di wilayah masing-masing.

Menurut dia, upaya memberikan perlindungan untuk konsumen memiliki tantangan yang besar. Hal itu dikarenakan negara Indonesia memiliki jumlah penduduk terbesar keempat di dunia yang mencapai 278 juta jiwa.

Baca juga: Kuin Utara Banjarmasin raih penghargaan ADWI 2023 dari Kemenparekraf

Plt Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Kalsel Nurul Fajar Desira mengatakan penghargaan itu sebagai bentuk komitmen Pemprov Kalsel untuk melindungi hak dan kepentingan para konsumen.

Selain itu, pemerintah daerah bertekad kuat membangun kesadaran produsen untuk memenuhi hak para konsumen dengan cara menciptakan lingkungan perdagangan yang sehat bagi masyarakat.

Dia berharap penghargaan yang diterima tidak hanya sekedar prestasi, tetapi juga mampu memberikan dampak positif untuk pertumbuhan dan peningkatan perekonomian masyarakat Kalimantan Selatan.

Pada kesempatan itu, Fajar menerima penghargaan secara langsung mewakili Gubernur Kalsel Sahbirin Noor.

“Untuk mewujudkan lingkungan perdagangan yang sehat, kami membutuhkan peran seluruh pihak,” ujar Fajar.

Baca juga: Menaker RI beri penghargaan bagi Gubernur Kalsel sebagai pembina K3

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023