Balangan, (Antaranews Kalsel) - Jembatan di Desa Kupang, Kecamatan Lampihong, jalur antar kabupaten, yaitu Kabupaten Balangan menuju ke Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), di Provinsi Kalimantan Selatan, kini sudah bisa dilewati kendaraan roda empat.

Sejak 9 Mei 2016, jembatan tersebut dalam perbaikan sehingga pengguna kendaraan roda dua dan roda empat harus mencari jalur alternatif, baik dari arah Kabupaten Balangan menuju Hulu Sungai Utara, maupun sebaliknya.

Bagi masyarakat di Paringin yang akan menuju Hulu Sungai Utara, jalan dialihkan ke Batumandi Desa Mantimin yang akan tembus ke simpang tiga Lampihong.

Begitu juga masyarakat yang mulai dari Hulu Sungai Utara ke Balangan, di persimpangan simpang tiga tugu Lampihong memutar terus ke arah kanan Desa Mantimin dan tembus ke Batumandi.

Sebelumnya, Kadishubkominfo Balangan Gunawan mengatakan penutupan jalan dilakukan mulai tanggal 9 Mei hingga 17 September 2016.

"Ini karena ada pengerjaan jalan longsor di Desa Kupang, jadi sementara waktu pakai jalan alternatif dulu, penutupan dilakukan mulai tanggal 9 Mei sampai 17 September," katanya waktu itu.

Jalur HSU - Balangan di Kecamatan Lampihong tersebut bukan hanya sebagai jalur bagi pekerja maupun pelajar, namun merupakan jalur perekonomian yang sudah berlangsung sejak lama, bahkan sebelum Kabupaten Balangan terbentuk.

Saat ini terpantau jembatan dan jalur ini sudah dibuka, dan sudah dilewati oleh kendaraan, baik roda dua maupun roda empat.

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Roly Supriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016