Banjarmasin, (AntaranewsKalsel) - Pengurus Institut Karate-DO Indonesia (Inkai) Provinsi Kalimantan Selatan resmi dikukuhkan dengan ketua umum dijabat Danrem 101 Antasari Kolonel TNI Kav Yanuar Adil, di gedung Abdi Persada eks Kantor Gubernur Kalsel di Banjarmasin, Sabtu.


Ketua Umum Inkai pusat Letnan Jenderal TNI Agus Kriswanto yang melantik secara resmi para pengurus untuk masa bakti 2016-2020 itu mengharapkan, akan banyak atlet karate yang tumbuh di daerah Kalsel ini ke tingkat nasional bahkan internasional.

"Saya banyak berharap di Kalsel akan tumbuh atlet-atlet berprestasi, sebab sudah banyak anggota Inkai yang mengharumkan nama negara pada kompetisi internasional," ujarnya.

Bahkan sebagian besar atlet karate pada Pekan Olahraga Nasional (PON), demikian juga ASEAN Games, hingga kejuaraan karate tingkat dunia, dari Indonesia diisi para atlet Inkai.

"Jadi kami minta, pengurus Inkai di provinsi ini jangan sampai kendor memberikan pembinaan kepada atlet-atlet muda secara berkelanjutan, hingga mereka menjadi andalan daerah bahkan negara. Inkai pun akan mendapat nama harum," tutur Agus Kriswanto.

Ketua Inkai Kalsel yang baru ditetapkan Kolonel TNI Kav Yanuar Adil menyatakan, langkah pertama yang akan pihaknya lakukan pada kepengurusan tingkat provinsi ini membentuk pengurus-pengurus di tingkat kabupaten/kota.

Sebab, ujar dia, saat ini sudah banyak kader-kader Inkai yang berada di daerah, di mana juga ada memiliki tempat pembinaan bagi karateka muda.

"Sebagaimana yang dilihat hari ini, ratusan anggota Inkai berbagai tingkatan sudah ada, tinggal pembinaannya saja lagi yang dirutinkan, kita yakin akan banyak atlet nantinya," ujarnya.

Dia pun mengaku sangat menyesalkan, pada PON XIX di Bandung, Jawa Barat, tidak ada satupun Inkai menyumbang atlet.

"Terus terang saya geregetan sampai tidak ada satupun atlet dari Inkai yang ikut PON di Jabar ini, oke lah.. akan kita perjuangkan pada PON selanjutnya," tegasnya.

Pewarta: Sukarli

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016