Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) meraih penghargaan Bhumandala Rajata dengan medali perak, dengan kategori aplikasi penyusunan perencanaan dan penganggaran terkait pengentasan kemiskinan (Satu NIK).

Penghargaan ini diserahkan dalam ajang Bhumandala Award (Inovasi Pemanfaatan Informasi Geospasial) tahun 2023, yang digelar oleh Badan Informasi Geospasial (BIG).

"Kita bersyukur setelah dilakukan penilaian Pemkab HSS berhasil meraih penghargaan Bhumandala Rajata (Medali Perak), dirangkaian Asia Pacific Geospatial Forum (APGF) dan Seminar Internasional on Geo-Innovation For a Safe and Sustainable World di Badung, Bali," kata Kepala Bappelitbangda Kabupaten HSS Muhammad Arliyan Syahrial, saat memberikan keterangan, di Kandangan, Kamis.

Baca juga: Kabupaten HSS kembali bukukan tiga penghargaan dari BKKBN Kalsel

Dijelaskan dia, fungsi dan keunggulan Satu NIK adalah untuk pendataan oleh perangkat daerah, menampilkan data spasial sektor sosial dan kesehatan bidang stunting, pra sarana sanitasi dan air bersih.

Satu NIK dapat diakses oleh seluruh pemanfaat infomasi data seperti pemerintah daerah, pihak swasta dan masyarakat umum, dan menyediakan data lengkap cepat dan baik sektor pendidikan, sosial, kesehatan secara tabular dan spasial.

"Satu NIK juga menjadi alat perencanaan kolaboratif bagi kita khususnya di Pemkab HSS, dalam mengentaskan masalah-masalah yang berkaitan dengan bidang sosial, kesehatan dan pendidikan," jelasnya.

Baca juga: UKPBJ HSS capai nilai ITKP kategori baik raih penghargaan tingkat provinsi

Menurut dia, manfaat utama Satu NIK adalah sebagai sarana memandu perencanaan pemkab, agar lebih detil memecahkan permasalahan pembangunan. Dan Satu NIK juga menjadi peta jalan atau kompas, menentukan sasaran program organisasi perangkat daerah.

Adapun sebelumnya, penghargaan tersebut telah diserahkan Deputi Bidang Infrastruktur Informasi Geospasial (BIG) Ibnu Sofian kepada Kepala Bappelitbangda Kabupaten HSS.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023