Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Kalimantan Selatan memberikan pendidikan politik untuk insan pers dalam upaya mewujudkan Pemilu Serentak 2024 yang damai dalam suasana keamanan terjaga kondusif.

"Semua pihak tak terkecuali insan pers harus memiliki semangat yang sama untuk turut menyukseskan pemilu, sehingga pendidikan politik ini penting agar terus menguatkan," kata Kepala Bidang Politik Badan Kesbangpol Kalsel Sri Rachma saat membuka acara pendidikan politik untuk insan pers di Aston Banua, Kamis.

Baca juga: Bawaslu Kalsel perkuat cegah kerawanan medsos terkait pemilu

Sri menyampaikan media massa dalam hal ini insan pers merupakan salah satu pilar penguat negara untuk turut menyukseskan pemilu.

Oleh karenanya, para jurnalis harus terus memperkaya informasi, literasi intelektual dan wawasan luas dalam menyikapi dan memberikan peran mendukungnya.

"Tanpa peran media sebaik apapun perencanaan pemilu maka dalam pelaksanaannya akan mengalami hambatan,” jelasnya.
Sekretaris PWI Kalsel Toto Fachrudin saat memberikan materi pada acara pendidikan politik untuk insan pers. (ANTARA/Firman)
 
Adapun yang menjadi pemateri dalam kegiatan kali ini yaitu Ketua KPU Kalsel Andi Tenri Sompa, Ketua Bawaslu Kalsel Aries Mardiono, dan Sekretaris PWI Kalsel Toto Fachrudin.

Tenri dalam pemaparannya banyak menyampaikan perkembangan tahapan pemilu yang kini sudah memasuki masa menjelang penetapan daftar calon tetap (DCT) untuk pemilu legislatif.

Kemudian Aries seputar tugas pengawasan dalam penyelenggaraan pemilu yang saat ini masih tahap pencegahan dan edukasi sekaligus melakukan pengawasan melekat terhadap kerja KPU.

Sedangkan Toto menjabarkan peran media dalam proses demokrasi pada pemilu dan pilkada.

Baca juga: Kajati Kalsel: Penegakan hukum jangan jadi alat politik

Pewarta: Firman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023