Komandan Kodim (Dandim) 1003 Hulu Sungai Selatan (HSS) Letkol Inf. Bayu Oktavianto Sudibyo memotivasi mahasiswa pada pelatihan jurnalistik dasar STAI Darul Ulum dan Insan Pers Daerah (MIPD).

Puluhan mahasiswa dari berbagai jurusan mengikuti pelatihan jurnalistik dasar bertemakan "Bina generasi jurnalis muda wujudkan kecintaan pada NKRI melalui kreatifitas menulis".

"Kalian semua sudah punya bakat menjadi jurnalis, tinggal bagaimana kemauan untuk mengembangkannya, belajar tekun dengan memahami kaidah penulisan yang baik dan benar," kata Dandim Bayu di Kandangan, Rabu.

Baca juga: LPM STAI Darul Ulum Kandangan gandeng MIPD HSS gelar pelatihan jurnalistik

Dijelaskan dia, pelatihan jurnalistik memungkinkan melatih diri termasuk membina komunikasi dengan para Pewarta dari berbagai media, seperti yang tergabung MIPD berpengalaman membuat berita online, cetak maupun elektronik.

Bayu menyatakan mahasiswa perlu menguasai jurnalistik untuk mengembangkan diri dan bermanfaat bagi orang lain dengan memberikan informasi menyeluruh sesuai fakta menjadi berita, serta menangkal hoaks.

"Menjadi jurnalis memang tidak sekedar bisa menulis, namun tekun berlatih serta mengetahui kaidah jurnalistik menyajikan fakta terangkum dalam berita, cepat, tepat, akurat dan berpegang pada kode etik jurnalistik," paparnya.

Baca juga: Dandim 1003 HSS dan pewarta sinergi publikasi pembinaan teritorial

Bayu menyampaikan menjalin hubungan baik dengan para pewarta untuk sinergisitas dan saling membantu kelancaran tugas, serta menginformasikan kegiatan bermanfaat ke publik.

Panitia pelaksana pelatihan Iwan mengatakan beberapa materi disampaikan antara lain materi pembuka dari Dandim 1003 HSS, Dasar-dasar Jurnalistik, Kode Etik Jurnalistik, Bahasa Indonesia Dalam Jurnalistik, Menggali Ide dan Teknik Reportase.

"Selanjutnya, kita membekali pemahaman dan pengetahuan juga buat adik-adik mahasiswa dengan teknik penulisan berita, penyuntingan naskah dan fotografi jurnalistik," ucap Iwan.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023