Balangan, (Antaranews Kalsel) - Setelah sebelumnya Bupati Balangan, Kalsel, H Ansharuddin menyampaikan nota pengantar rancangan Kebijakan Umum Anggaran serta Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2017, pada sidang Paripurna DPRD setempat, Senin (29/8).


Kini giliran Pemerintah Kabupaten Balangan, Selasa (30/8) menyampaikan Kebijakan umum anggaran dan serta prioritas dan plafon anggaran sementara (KUA-PPAS) APBD perubahan tahun 2016 ,yang disampaikan oleh Wakil Bupati Balangan, H Syaifullah dalam Rapat Paripurna DPRD Balangan, selasa(30/8) yang dipimpin Ketua DPRD H Abdul Hadi.

Dalam penyampaiannnya, Wakil Bupati H Syaifullah menyampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih kepada segenap jajaran legislatif, yang telah bekerja cepat membahas rancangan KUA dan PPAS untuk APBD tahun anggaran 2017 mendatang.

Dikatakan, sejumlah pembenahan, termasuk pada anggaran pendapatan dan belanja daerah, serta perubahan-perubahan yang dilakukan demi beradaptasi atau menyikapi perubahan situasi, tidak mengubah kebijakan dasar prioritas pembangunan .

"Kebijakan harus tetap mengutamakan pembangunan serta pengembangan kualitas sumber daya manusia, pembangunan ekonomi kerakyatan, dan peningkatan infrastruktur. insya Allah, prioritas pembangunan kita ini juga tetap sejalan dengan prioritas pembangunan nasional 2017," katanya.

Saat ini, sampai Wakil Bupati Balangan, kondisi ekonomi nasional sedang menurun, serta berdampak terhadap anggaran pendapatan maupun anggaran belanja di daerah, bahwa pemerintah pusat memangkas nominal transfer untuk daerah, hal mana akan sangat berpengaruh pada komponen terbesar dari anggaran pendapatan kita, yaitu dana perimbangan.

Kabupaten Balangan masih lebih beruntung bila dibandingkan dengan tujuh daerah lain di kalimantan selatan ini, karena Balangan tidak termasuk dalam kelompok daerah yang harus mengalami penundaan transfer dana dari pemerintah pusat. 

"Kita harus bekerja keras, bekerja cerdas, agar penggunaan anggaran kita pada tahun anggaran 2016 yang tersisa 4 bulan ini dapat lebih optimal dalam hal pencapaian sasaran dan tujuan,"Katanya.

Dalam kesempatan tersebut dilakukan penandatanganan Nota Kesepakatan dan dokumen Kebijakan umum anggaran  dan  serta prioritas dan plafon anggaran sementara (KUA-PPAS) APBD perubahan tahun 2016 oleh Wakil Bupati H Syaifullah dan Pimpinan DPRD Balangan.


Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016