Kabupaten Kotabaru menjadi tuan rumah Kemah Karya Bhakti Wisata Karang Taruna (KKBWKT) ke 34 se-Kalimantan Selatan tahun 2023, bertempat di Objek Wisata Pantai Gedambaan Kotabaru.

Bupati Kotabaru Sayed Jafar dalam sambutannya mengatakan suatu kebahagian dan kebanggaan dapat menjadi tuan rumah dari kegiatan kemah karya bakti wisata karang taruna yang menjadi wadah berkumpulnya yang merupakan agen perubahan dan calon pemimpin di masa depan.

Baca juga: Kotabaru tuan rumah TLHP APIP se Kalimantan Selatan

"Saya berharap dari kegiatan kemah bakti wisata karang taruna dapat mempererat silaturahmi, komunikasi dan interaksi antar anggota karang taruna se-kalimantan selatan serta meningkatkan kualitas karakter pemuda kalsel yang memegang posisi stategis dalam membangun kalimantan selatan dan khususnya kabupaten kotabaru," kata Sayed Jafar di Kotabaru Sabtu.

Staf ahli bidang pemerintahan, hukum dan politik Provinsi Kalsel Sulkan, mengatakan kegiatan ini merupakan agenda rutin sebagai media silaturahmi antar seluruh anggota, bebagai informasi dan saling mendukung untuk berkembang dan memajukan organisasi karang taruna ini.

"Semoga kegiatan ini semakin menunjukkan eksistensi karang taruna, memperkuat semangat gotong royong dan di ikuti masing-masing anggota demi tercapainya tujuan organisasi dan memberi manfaat yang luas bagi masyarakat," kata Sulkan .

KKBWKT ke 34 ini digelar dalam rangka Bulan Bakti Karang Taruna Tingkat Prov Kalsel 2023 untuk Kabupaten Kotabaru adalah memaknai peringatan hari lahirnya karang taruna ke 63 tahun 2023 dan bulan aksi karang taruna KKBWKT.

Selain itu dapat mengenal lebih dekat provinsi kalimatan selatan, khususnya kabupaten kotabaru berikut kemajemukan masyarakat dan budayanya, mengisi peringatan hari sumpah pemuda ke 95 tahun 2023.

Kegiatan ini diikuti oleh pengurus dan aktivis karang taruna se provinsi kalsel yang terdiri dari 13 kabupaten/kota, 226 tenda karang taruna, 62
unsur dinas sosial, 25 orang PKT kabupaten/kota, 2.759 peserta dan keseluruhan berjumlah 3.068 orang.

Baca juga: Kotabaru Tuan Rumah Pertemuan PKK se-Kalsel

KKBWKT ini sendiri merupakan ajang untuk saling memberikan informasi, penguatan dan perkembangan dalam Karang Taruna, selain itu sebagai konsolidasi, organisasi dan forum silaturahmi para aktifis karang taruna se kalimantan selatan Sesuai dengan Permensos No.25 tahun 2019, bahwa karang taruna merupakan wadah mengamati tumbuh dan berkembang dari dan untuk masyarakat.

Adapun KKBWKT kali ini mengangkat tema terwujudnya karang taruna saijaan Seiya sekata, seiring sejalan, satu tujuan dalam membangun tanggung jawab sosial.

Acara juga diisi 12 jenis kegiatan lomba yakni lomba membuat profil karang taruna, asas mampu (antar karang taruna), lacak keakraban (antarkarang taruna), kebersihan dan indahan tenda, lomba menu sehat bahan dasar ikan laut (antar karang taruna), busana karang taruna antar desa,lomba video konten (antar karang taruna).

Selain itu juga ada lomba hasta karya, lomba karaoke, mancing mania skuad antar kabupaten dan paduan suara antar kabupaten/kota, serta tarik tambang antar kabupaten/kota serta bakti sosial.

Pewarta: Ahmad Nurahsin Q/Kominfo Kotabaru

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023