Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara (Pemkab HSU) Provinsi Kalimantan Selatan memberikan bantuan sosial kepada puluhan warga terdampak puting beliung pada tiga desa yang terjadi Minggu (22/10) lalu.

“Bantuan yang kami berikan yaitu berupa bahan makanan, makanan siap saji dan perlengkapan rumah tangga yang diharapkan dapat membantu proses pemulihan warga,” kata Kepala Dinas Sosial HSU Surya Supi di Amuntai, Kabupaten HSU, Kamis.

Baca juga: HSU Rawan Angin Puting Beliung

Surya menuturkan Pemkab HSU langsung merespons permohonan bantuan dari warga terdampak setelah mendapatkan laporan dari pihak kecamatan.

Menurut Surya, pihaknya segera menyalurkan bantuan sesuai dengan kebutuhan warga berupa bahan makanan pokok maupun perlengkapan rumah tangga yang rusak akibat angin ribut.

Menurut data dari kecamatan, Surya membeberkan jumlah rumah yang rusak akibat angin ribut mencapai 40 unit dengan korban sebanyak 47 Kepala Keluarga (KK) dengan 122 jiwa.

“Kami juga berharap agar bantuan ini dapat meringankan beban warga yang terdampak musibah angin ribut, serta kami juga akan terus melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk memberikan bantuan lainnya yang dibutuhkan oleh warga,” ujar Surya.

Baca juga: HSU antisipasi banjir, tanah longsor dan puting beliung

Sementara itu, salah satu penerima bantuan Sunato yang juga merupakan Kades Tapus Dalam mengucapkan terima kasih terhadap perhatian pemerintah daerah kepada warga yang mengalami musibah angin puting beliung tersebut.

“Kami sangat bersyukur dan berterima kasih atas bantuan ini, ini menunjukkan bahwa pemerintah hadir di tengah-tengah kami yang sedang membutuhkan,” ucap Sunato.

Diketahui, Pelaksana Tugas Camat Amuntai Tengah Moch Arifil menyerahkan bantuan kepada perwakilan warga pada tiga desa terdampak, yakni Desa Pinang Habang, Desa Danau Cermin, dan Desa Tapus Dalam.

Baca juga: Puting beliung akibatkan 23 rumah warga rusak

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023