Sebanyak 23 kepala keluarga atau 83 jiwa warga Desa Palbatu di Kabupaten Hulu Sungai Utara rumahnya rusak akibat diterjang angin puting beliung yang terjadi sekitar pukul 18.30 wita Jum'at (29/11).

Dari jumlah yang rusak tersebut, tujuh rumah di antaranya mengalami rusak berat dan 16 rumah mengalami rusak sedang serta sebuah TPA dan tiga bangunan usaha walet yang terkena dampaknya.dengan kerugian ditaksir mencapai Rp500 juta, namun syukunya bencana puting beliung kali ini tak sampai menelan korban jiwa.

Pada Senin pagi para pejabat dari BPBD, Dinas sosial, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Perhubungan dan Satpol PP melakukan koordinasi dan sinergi untuk penyaluran bantuan.

"Bantuan berupa paket sembako dan peralatan dapur akan disalurkan hari ini (Selasa) ke Pal Batu," ujar Kepala Dinas Kominfo HSU H Adi Lesmana di Amuntai, Senin.

Dikatakan, Dinas Perhubungan akan menyediakan speedboat untuk membawa para pejabat dan bantuan ke Pal Batu.
 
. (Istimewa)

Bantuan berasal dari BPBD berupa 23 paket sembako, Dinas Sosial juga 23 paket sembako ditambah peralatan dapur sedangkan Dinas Ketahanan Pangan memberikan bantuan beras sebanyak  9 kg perjiwa, total untuk 83 jiwa sebanyak 747 kg beras.

Dinas Pendidikan juga segera memperbaiki atap sekolah yang rusak menggunakan dana Bantuan Operasional Sekolah atau dana BOS. 

"Atap bangunan sekolah yang rusak juga secepatnya diperbaiki agar tak mengganggu proses belajar mengajar," terang Adi.

Adi mengatakan, Bupati HSU H Abdul Wahid segera menginturksikan agar bantuan secepatnya disalurkan agar masyarakat tidak bertambah penderitaannya.

Rencananya dari pihak Kodim 1001 Amuntai, Koramil Danau Panggang dan jajaran kepolisian akan turut serta dalam kegiatan penyerahan bantuan sekaligus membantu warga yang tengah memperbaiki rumah mereka.




 

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019