Batulicin, (Antaranews Kalsel)  –  Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menambah Pos Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di tujuh kecamatan.

"Penambahan pos karhutla dilakukan untuk mengantisipasi sejak dini terjadinya karhutla," kata Kepala BPBD Tanah Bumbu Mariani melalui Kabid Penanggulangan Pencegahan dan Kesiapsiagaan, Abdul Rahim, di Batulicin.

Dikatakan, BPBD menambah tujuh pos karhutla di Kecamatan Sungai Loban, Kecamatan Angsana, Kecamatan Karang Bintang, Kecamatan Mantewe, Kecamatan Kusan Hulu, Kecamatan Kuranji, dan Kecamatan Batulicin.

Sebelumnya Tanbu sudah memiliki empat pos karhutla yakni Pos karhutla Kecamatan Simpang Empat, Posko Kecamatan Batulicin, Posko Kecamatan Satui, dan Posko Kecamatan Kusan Hilir. Sehingga dengan penambahan tujuh pos karhutla maka total pos yang dimiliki berjumlah 11 (sebelas) pos karhutla. Dan semua Kecamatan sudah memiliki pos penangulangan bencana Karhutla.

"Setiap kecamatan  memiliki pos penanggulangan karhutla. Dan ada satu Posko (Pos Komando) induk terletak di Gunung Tinggi Kecamatan Batulicin,"  katanya.

Diharapkan Abdul Rahim, mudah-mudahan dengan penambahan pos karhutla dimasing-masing kecamatan dapat memberikan bantuan pemadaman dengan cepat dan pencegahan sejak dini karhutla.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016