Sejumlah pegawai Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Diskominfosandi) Hulu Sungai Utara, Kalimantan Selatan menjalani tes urine yang dilaksanakan oleh Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) HSU.

Ketua Tim P2M BNNK HSU Noor Rizki Shalihin di HSU, Rabu, mengatakan BNN merupakan Institusi Pemerintah yang memfasilitasi kegiatan Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN), melalui Peraturan Kepala BNN RI dan Peraturan Daerah HSU.

Baca juga: Kesbangpol Tanah Laut tes urine anggota Paskibraka terpilih 2023

“Atas dasar tersebut, kegiatan ini dapat dilaksanakan melalui DIPA BNNK HSU tahun anggaran 2023,” kata Rizki Shalihin.

Rizki Shalihin menuturkan program P4GN dan tes urine menjadi program kerja BNNK, yaitu melalui Program Pemberdayaan Peran serta masyarakat.

Rizki menyebutkan untuk tahun anggaran 2023 ini akan dilaksanakan sebanyak 50 kali tes urine yang terbagi dua gelombang, yaitu 25 kali menyasar di lingkungan pemerintah dan sisanya pada lingkungan masyarakat umum.

“Sejak dua kali hari Rabu setiap pekan, kini sudah ada 14 instansi mengikuti kegiatan sosialisasi dan bahaya narkoba dan tes urine,” terangnya.

Adapun dalam kegiatan pengambilan sampel tersebut dilakukan kepada penggiat anti narkoba yang salah satunya karyawan atas nama Tina Armianti, yang mana telah dinyatakan negatif atau bersih dari narkoba.

Baca juga: 130 kepala desa dan ASN kecamatan se-Tanah Laut jalani tes urine

Sebagaimana diketahui dalam pelaksanaan tes urine tersebut, digunakan peralatan berupa Drug Abuse Test yang mampu membaca tujuh parameter seperti Morphin, Metamfetamin, Amfetamin, Kokain, Benzo,Tetrahydrocannabinol (THC) dan Somadril.

Alat tes tersebut juga mampu untuk menampilkan hasil tes secara aktual serta cepat.

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023