Sebanyak  130 kepala desa dan 10 Aparatur Sipil Negara  (ASN)  masing- masing perwakilan dari 11 kecamatan di Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan menjalani tes urine,  di aula Kantor Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Tanah Laut, Rabu.

Kepala Badan (Kaban Kesbangpol)  Tanah Laut Muhammad Syahid mengatakan, tes urine tersebut terselenggara atas kerjasama dengan Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Tanah Laut sebagai bagian deteksi dini dalam melakukan pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika atau  lebih dikenal dengan P4GN.

Baca juga: Ketua DPRD Kotabaru ingatkan Kades tentang pemanfaatan dana Desa

“Kita harus memberantas dan mengantisipasi terhadap penyalahgunaan narkoba. Jadi, hari ini kita jadwalkan untuk ASN di kecamatan dan para kepala desa terlebih dahulu,” jelas Syahid, di Pelaihari.

Dia menambahkan, hasil tes urine tersebut nantinya akan langsung disampaikan kepada pimpinan hingga kepala daerah sebagai bahan evaluasi terhadap para pegawai di 11 kecamatan serta seluruh kepala desa se-Tanah Laut.

Selain itu, menurut dia,  tidak menutup kemungkinan pemeriksaan serupa juga akan dijadwalkan untuk seluruh aparat desa lainnya hingga para pegawai di seluruh instansi lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanah Laut.

Kepala Desa Tabanio,  Kecamatan Takisung Madiansyah berharap,  kegiatan tersebut nantinya menyasar seluruh aparat desa.

“Kami dukung kegiatan hari ini, semoga segera dijadwalkan untuk seluruh aparat desa, bahkan hingga Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan ketua RT,” tutupnya.

Baca juga: DPMPD berikan sosialiasi 198 kades tentang pemanfaatan dana desa
Kepala desa dan Aparatur Sipil Negara  (ASN)  masing- masing perwakilan dari 11 kecamatan di Kabupaten Tanah Laut menjalani tes urine,  di aula Kantor Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Tanah Laut, Rabu (7/6/2023)Foto:ANTARA/HO-DISKOMINFO TANAH LAUT.

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023