Kebakaran yang terjadi  Rabu(11/10) lalu di Desa Aluan, Kecamatan Batu Benawa, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Kalimantan Selatan, telah menghanguskan tiga buah rumah, meninggalkan duka yang dalam bagi para korban kebakaran.

Persatuan Perangkat Desa seluruh Indonesia (PPDI ) Kecamatan Batu Benawa terpanggil, untuk dapat membantu meringankan beban yang dialami keluarga korban, di mana rumah mereka habis terbakar sehingga para korban kebakaran sementara tidak mempunyai tempat berteduh.

"Kegiatan ini murni lahir dari kawan-kawan perangkat Desa Batu Benawa yang merasa perlu untuk membantu korban kebakaran, karena selain aspek material para korban mengalami beban moril, sebab setelah kebakaran ada keluarga dari korban kebakaran yang meninggal,"Ketua PPDI Kecamatan Batu Benawa,Ifansyah Noorhidayat, di Barabai, Senin.

Baca juga: Warga Desa Haliau gotong royong tambal lubang jalan

Dijelaskan Ifan, kegiatan dimulai pada Pukul 09.00 wita bertempat di Simpang 10 Barabai, jalan tersebut dipilih karena lalu lintas angkutan lebih banyak dan diharapkan memperoleh sumbangan dari masyarakat yang lebih banyak untuk membantu korban kebakaran.

Pihaknya juga berharap berharap adanya agenda saling perduli bagi masyarakat di kalangan PPDI, terutama di Kecamatan Batu Benawa dan sekitarnya dapat terus berlanjut.

"Begitupun bukan tanpa sebab kami dari PPDI Batu Benawa turun ke jalan, ini dikarenakan penggunaan dana yang ada di desa terhambat aturan yang telah telah mengelompokkan bencana kebakaran termasuk bencana non alam," ungkapnya yang juga koordinator lapangan penggalangan dana tersebut.

Baca juga: Naik pinang, tingkatan kecintaan anak-anak di Batu Benawa pada budaya lokal

Ditambahkan dia, selain mengumpulkan dana sumbangan di jalan pada Simpang 10 Barabai, penggalangan dana bantuan juga dilakukan dengan menyisir Pasar Keramat serta Pasar Murakata Barabai.

Penggalangan dana sumbangan kebakaran tersebut diikuti oleh anggota PPDI Batu Benawa dan dibantu perwakilan dari BPD serta Pambakal Aluan Khairul Fahmi, serta Pambakal Aluan Sumur Nurul Adha.

Pambakal Aluan Khairul Fahmi, mengucapkan terima kasih tak terhingga kepada PPDI kecamatan Batu Benawa, atas kepedulian yang ditunjukkan dalam membantu warganya yang terkena musibah kebakaran pada 11 Oktober 2023 lalu.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023