Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Bank Kalsel meningkatkan layanan transaksi di bidang jasa kepelabuhanan setelah ditandatangani Nota Kesepahaman (MoU) dengan Pelindo III.

Penandatanganan Nota Kesepahaman di lakukan Direktur Bisnis Bank Kalsel H. Supian Noor dan Direktur Utama Pelindo III Orias Petrus Moedak di Bali, Senin (22/8) lalu.

"Kerjasama ini bentuk kepercayaan Pelindo III kepada bank daerah, dan komitmen mereka bersinergi memajukan daerah melalui layanan perbankan setempat," kata H. Supian Noor.

Dalam MoU yang ditandatangani tersebut terdapat beberapa point ruang lingkup kerjasama  Bank Kalsel dan Pelindo III seperti pembukaan rekening penerimaan dengan menggunakan mekanisme host to host atau Cash Management.

Penempatan deposito di Bank Pembangunan Daerah, pemilihan Bank Kalsel sebagai penerbit Bank Garansi untuk pelaksanaan program investasi di lingkungan Pelindo III dan pemasangan ATM serta papan iklan khuusnya di terminal penumpang.

Selain penandatanganan MoU dengan Bank Kalsel, Pelindo III juga melakukan kerjasama dengan 4 Bank Daerah lainnya yaitu BPD Bali, BPD Jawa Tengah, BPD Kalimantan Tengah dan BPD Nusa Tenggara Timur.

"Melalui kerjasama ini akan banyak memberi manfaat dan kemudahan kepada pengguna jasa kepelabuhanan dalam proses transaksi keuangan," kata Orias Petrus Moedak.

"Dan ini wujud nyata Pelindo III bersinergi dengan Bank Daerah dalam peningkatan pembangunan daerah," kata Orias.

Bagi Bank Kalsel sendiri, adanya MoU ini merupakan upaya peningkatan layanan transaksi di bidang kepelabuhanan, dimana sebelumnya telah menjalin kerjasama dengan PT Ambapers (salah satu anak perusahaan Pelindo III dalam transaksi Channel Fee (jasa lintas alur).

Bank Kalsel menjadi salah satu perbankan yang memberikan layanan satu atap di lingkungan Pelindo III Banjarmasin sendiri tetap memberikan layanannya hingga hari  minggu.

"Melalui kerjasama ini layanan yang bisa diberikan Bank Kalsel menjadi lebih luas bagi pengguna jasa kepelabuhanan, nantinya akan di lakukan sosialisasi kemudahan layanan Bank Kalsel bagi mereka," kata Pemimpin Cabang Utama Bank Kalsel Yuli Harmini.

Bank Kalsel optimis melalui penambahan layanan transaksi bagi pengguna jasa kepelabuhanan ini akan mampu meningkatkan pendapatan bank milik daerah ini.

"Dengan bertambahnya jenis layanan ini akan meningkatkan pendapatan perusahaan," kata yuli Harmini.

Pewarta: Herry Murdy Hermawan

Editor : Herry Murdy Hernawam


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016