Barabai, (Antaranews Kalsel) - Kelompok Kerja Madrasah Ibtidaiyah (K2MI) Kabupaten HST menggelar Jambore Pramuka Tingkat Madrasah Ibtidaiyah se Kabupaten HST, 20 s.d 21 Agustus 2016 di Taman Wisata Outbond Baruh Bunga Kecamatan Batu Benawa Barabai.

Ketua Panitia Abdussahid dalam laporannya saat pembukaan Sabtu (20/8) mengatakan kegiatan Jambore diikuti sebanyak 1200 peserta yang terdiri dari pramuka siaga dari 40 MI se kabupaten HST dan akan mengikuti beberapa lomba antara lain cerdas cermat dan lomba peraturan baris berbaris (PBB).

Lebih lanjut Ketua K2MI Kabupaten HST Humaidi mengatakan kegiatan tersebut adalah yang kedua kalinya dan merupakan salah satu program K2MI untuk menjalin silaturahmi antar sesama anggota pramuka MI dan para guru pembinanya.

"Jambore juga sebagai salah satu tolak ukur keberhasilan pembinaan kegiatan ektrakurikuler pramuka di masing-masing madrasah yang telah berjalan," katnaya.

Melalui kegiatan Jambore pramuka ini, tambah dia,  nantinya diharapkan akan terbentuk generasi Islami yang mandiri terampil dan berkualitas..

Sementara itu Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten HST H. Muhammad Yamani dalam sambutannya saat membuka secara resmi kegiatan jambore pramuka, menyambut baik kegiatan tersebut.

Dia berharap semua peserta khususnya siswa Madrasah Ibtidaiyah se kabupaten HST dapat menumbuhkan sikap saling kerjasama, saling bertukar pengalaman antar sesama anggota pramuka yang merupakan sasaran dari pembinaan peserta didik selain belajar di aktif di sekolah.

"Pengalaman belajar tidak hanya diperoleh di sekolah saja melainkan juga melalui pengalaman belajar diluar sekolah untuk membentuk pengalaman baru," ujar H. Yamani.

Selanjutnya, H. Yamani berharap siswa dapat menjadikan pengalaman baru yang diperoleh selama berjambore untuk mengembangkan sikap kebersamaan sebagai salah satu pengalaman yang berharga untuk peningkatan kualitas pembelajaran di luar sekolah.

Pada kesempatan tersebut H. Yamani mengunjungi kemah peserta satu persatu dan disambut dengan antusias oleh seluruh peserta jambore pramuka dengan yel-yel dan semangat kepramukaan. Saat penutupan, minggu (21/8) MIN Durian Gantang dari kecamatan LAS menjadi juara umum.

Pewarta: M Taufik Rahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016