Batulicin (Antaranews Kalsel) - Pemerintah  Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, menyalurkan bantuan sosial kepada 12 kepala keluarga yang sebelumnya mengalami musibah kebakaran.

"Warga yang menerima bantuan tersebut berada di dua kecamtan yakni kecamatan Kusan Hilir lima kepala keluarga dan kecamatan Simpang Empat tujuh kepala keluarga," kata Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), Roswandi Salem yang di dampingi Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Nooryana, di Batulicin.

Ia mengatakan, bantuan yang di berikan kepada korban kebakaran berupa tenda, sembako, dan uang tunai Rp165 Juta.

Dengan bantuan tersebut setidaknya akan membantu meringankan beban masyarakat untuk membangun kembali tempat tinggal mereka yang sudah hangus terbakar.

Bantuan korban kebakaran merupakan bentuk kepedulian dan komitmen bupati Tanbu yang terus berupaya semaksimal mungkin dapat meringankan beban masyarakat yang tertimpa musibah.

"Kami merasakan kesedihan yang dialami oleh warga yang tertimpa musibah dan setidaknya bantuan ini akan dapat membantu meringankan beban hidup mereka," katanya.

Bupati Tanbu Mardani H Maming sendiri berharap  bantuan tersebut dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya.

"Semoga bantuan yang disalurkan ini dapat memberikan manfaat bagi korban musibah kebakaran” kata Mardani H Maming.

Masing-masing Kepala Keluarga (KK) menerima bantuan dana dengan jumlah bervariasi, mulai dari Rp. 5 Juta sampai dengan Rp. 20 Juta sesuai tingkat kerusakan rumah yang mereka alami.

sebelumnya diberikan bantuan pemerintah Tanah Bumbu sudah melakukan verifikasi terkait tingkat kerusakan rumah korban berdasarkan kategori rusak ringan, rusak sedang maupun rusak berat.

Atas dasar itulah, jumlah bantuan yang disalurkan terhadap masing-masing korban akhirnya bervariasi.

Penyaluran bantuan tersebut adalah lanjutan dari penyaluran bantuan sebelumnya,  yang mana 12 orang warga tersebut sebelumnya sudah menerima panjar bantuan dana tunai sebesar Rp. 5 Juta dari Bupati Tanah Bumbu.

Usai menerima bantuan secara simbolis, para penerima bantuan korban kebakaran dengan didampingi sejumlah petugas Pemkab Tanbu langsung menuju ke kantor Bank Kalsel Unit Gunung Tinggi untuk melakukan proses pencairan dana. Rencananya bantuan dana tersebut  akan digunakan untuk perbaikan rumah dan tempat usaha.

Pewarta: Sujud/Humas

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016