Pelaihari, (AntaranewsKalsel) - Bupati Tanah Laut, Kalimantan Selatan H Bambang Alamsyah meminta Pengurus Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) agar mampu berinovasi guna meningkatkan kesejahteraan anggota yang terdiri petani dan nelayan.

"KTNA sebagai mitra pemerintah berkewajiban menjadikan petani dan nelayan maju sejahtera," kata Bupati Tala di Pelaihari, Selasa.

Menurut dia, pemerintah saat ini sangat serius untuk mendukung bidang kelautan, perikanan, perkebunan dan pertanian.

"KTNA jangan hanya dijadikan untuk tempat berkumpul, KTNA sebagai organisasi profesi modern yang bisa berpikiran maju," ujar bupati.

Bupati mengajak, KTNA Tanah Laut agar bisa membantu petani di daerah itu agar lepas dari para tengkulak.

"Mari kita duduk satu meja untuk sama-sama memikirkan jalan keluar terbaik. Saya sangat percaya dengan petani, tapi ada kebiasaan yang harus dirubah, sehingga kita bisa berani untuk berpikiran modern,� tegasnya.

Sementara itu, Ketua KTNA Kalsel Muharram menegaskan, jika fungsi utama KTNA adalah, mitra pemerintah yang menjembatani kepentingan pusat dan daerah.

"KTNA bukan LSM. Fungsi lainnya adalah menjebatani kepetingan petani dan nelayan yang dilayani,� terangnya.

Untuk itu, dia meminta, Pengurus KTA Tanah Laut yang baru saja dikukuhkan tersebut untuk mendengarkan keluhan para petani dan nelayan yang dilayani.

Lebih lanjut dia mengemukakan, Kepengurusan KTNA Tanah Laut menangani 10 bidang diantaranya, Bidang Tanaman Pangan, Holtikultura, Kehutanan, Perkebunan, Perikanan dan Kelautan.

Selepas pelantikan dan pengkuhan Pengurus KTNA Tanah Laut 2016-2021, acara dilanjutkan dengan sarasehan Kelompok KTNA dengan kepala dinas terkait lingkup Pemkab Tanah Laut.

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016