Musim kemarau berdampak sejumlah desa di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) mengalami kekeringan, sehingga menyebabkan sebagian warga kesulitan mendapatkan air bersih.

Menanggapi hal itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS melalui seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) menyalurkan air bersih gratis kepada masyarakat yang membutuhkan, dan daerahnya terdampak kekeringan.

"Hari ini kita bergerak bersama memberikan bantuan air bersih kepada masyarakat kita, yang beberapa waktu terakhir ini kekurangan air bersih karena kemarau yang cukup panjang," kata Penjabat (Pj) Bupati HSS H Hermansyah, di Kandangan, Senin.

Baca juga: Pj Bupati HSS berharap PT Tirta Amandit makin maju layani masyarakat
.
Dijelaskan dia,, walaupun dua hari ini sudah mulai hujan, tapi belum bisa mengisi sumur sumur warga untuk memenuhi air bersih, maka inisiasi ini menjadi penting dan diharapkan dapat dilaksanakan secara berkelanjutan.

Pemerintah hadir di tengah masyarakat dan harus bisa bekerja dengan rakyat karena rakyat membutuhkan, dan Kepala BPBD telah membagi beberapa titik warga membutuhkan air bersih dan karena kebutuhan air bersih banyak sehingga perlu juga dukungan dari semua pihak.

“Kita bisa bergerak sama-sama dan bergotong royong untuk mengatasi kelangkaan air bersih, di lingkungan masyarakat kita yang terdampak kekeringan,” ujarnya.

Baca juga: 130 atlet berlaga di Kejuaraan Renang Kalsel 2023

Penyaluran air bersih Pemkab HSS diawali apel bersama dan melepas penyaluran air bersih secara resmi, di mana skema titik setiap OPD sudah dibagi untuk wilayah terdampak, dan sasaran warga yang membutuhkan air bersih.

Dikesempatan pertama, Pj Bupati HSS menuju Kampung Wawaran Desa Taniran, Kecamatan Angkinang, turun langsung membagikan air bersih dengan memegang selang air dari tangki mobil berisi air bersih kepada warga terdampak kekeringan.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023